Tanam Seribu Pohon, Pemkab Kuansing Targetkan Raih Piala Adipura

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menggelar kegiatan penanaman seribu pohon dalam rangka menghijaukan Kota Teluk Kuanan sebagai pusat wisata dan langkah menuju Adipura 2017.

"Program ini juga sebagai langkah untuk membuat teduhnya kota," kata Bupati Kuantan Singingi, Mursini di Teluk Kuantan, Kamis.

Kegiatan bertemakan "Satu Orang Satu Pohon" yang berarti setiap orang harus menanam satu pohon, adalah upaya yang dilakukan pemerintah untuk mempercantik wajah kota, namun demikian program positip tersebut sukses jika masyarakat ambil bagian dan turut serta menunjukan kepedulian.

Masyarakat berharap bahwa Kuansing meraih prestasi Adipura, semua yang menjadi titik ukur untuk mencapai itu harus bisa dibenahi dan di utamakan programnya. Hal ini diawali dengan kegiatan positip salah satunya menanam pohon.

" Kegiatan dilaksankan sepanjang pusat perkotaan," sebut Bupati.

Bupati juga menyebutkan, gerakan menanam pohon tersebut dilaksanakan Pemkab Kuansing pada Kamis 18 Mei 2017 yang dimulai dari pintu gerbang Kebun Nenas sampai ke Mandiri Swalayan, Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi.

" Sedangkan gerakan menanam pohon tersebut, melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kuantan Singingi," ujarnya.

Bupati Kuantan Singingi menjelaskan, pemerintah melakukan penataan kota dan menciptakan penghijauan di kota supaya tidak terkesan gersang, kemudian, dengan melakukan penanaman dan perawatan secara berkelanjutan.

Salah satu warga Kuantan Singingi Reflizar mengatakan, penanaman pohon henddaknya bukan saja dalam rangka meraih prestasi Adipura tetapi lebih dari itu untuk menghijaukan dan melindungi kota.

"Semua perkotaan di Riau hijau, dengan banyak pohon pelindung dapat menjaga polusi dan abrasi," tegasnya.

Lebih dari itu, kota akan terlihat indah, bersih serta wisatawan akan semakin tertarik berkunjung ke Kuansing jika kotanya terlihat lebih asri.