Pemko Dumai Rencanakan Pengembangan Sentra Tambak Di Kawasan Minapolitan

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Dumai berencana mengembangkan kawasan minapolitan di Kecamatan Sungai Sembilan sebagai lokasi sentra tambak udang jenis Vaname dan penghasil perikanan budidaya terunggul di Provinsi Riau.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai Afifuddinsyah di Dumai, Kamis, mengatakan, saat ini di lokasi minapolitan diatas lahan 12 hektar milik pemerintah daerah sudah tersedia 17 kolam untuk perikanan budidaya.

"Tambak udang ini akan dikembangkan jadi sentra perikanan budidaya karena hasilnya memuaskan, seperti panen perdana udang vaname sebanyak empat ton kemarin dari dua kolam tersedia," katanya.

Sejumlah kolam di kawasan minapolitan itu, lanjutnya, kini sedang berjalan budidaya perikanan jenis Bandeng, Udang Windu, Ikan Nila dan lain sebagainya, namun kedepan pengembangan dilakukan dengan jenis ikan lain.

Dijelaskan, panen udang vaname dilakukan sejumlah kelompok tani nelayan setempat selama tiga bulan, dan hasilnya dipasarkan sebagian untuk kebutuhan masyarakat Dumai dan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Panen budidaya udang vaname dilakukan petani dan nelayan dengan menggunakan teknologi alas terpal untuk mengantisipasi penyakit datang akibat udang bersentuhan dengan air tanah serta berbiaya rendah.

"Hasil panen udang varane kemarin cukup memuaskan dan diharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat petani dan nelayan setempat," sebutnya.

Wali Kota Dumai Zulkifli As saat panen udang vaname di Kelurahan Geniot ini menyebut, tambak udang salah satu budi daya prospektif baik untuk meningkatkan taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat, karena ada keuntungan dan nilai jual lebih.

Pemerintah Dumai secara bertahap akan terus mengembangkan budidaya udang vaname ini dan sekaligus mencarikan solusi terhadap persoalan penyakit udang yang sering dialami petani udang.

"Kedepan diharap tambang udang ini bisa dikembangkan jadi sentra penghasil udang di dumai dan salah satu solusi peningkatan perekonomian masyarakat petani dan nelayan," sebut wali kota.

Saat panen perdana udang vaname, Rabu (17/5) itu, dihadiri Plt Kadis Perikanan Dumai Afifuddinsyah, Ketua Komisi II DPRD Dumai Ponimin, Sekretaris Camat Sungai Sembilan Muftadi dan tokoh masyarakat setempat.