Angkasa Pura II

Untuk Pertama Kalinya RSUD Pekanbaru Sukses Lakukan Operasi Jantung Koroner

Pekanbaru (Antarariau.com) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru sukses melakukan operasi jantung koroner perdana pada Jumat pagi, kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

"Ini bentuk komitmen Riau meningkatkan pelayanan. RSUD Arifin Achmad sudah mulai melakukan bedah jantung yang selama ini belum pernah. Ini tonggak sejarah yang perlu dicatat," kata Gubernur saat konferensi pers di Pekanbaru, Jumat.

Ia menyebutkan keberhasilan ini merupakan kebanggaan bagi semua pihak karena bisa jadi awal untuk lebih maju lagi dalam pelayanan operasi jantung khususnya masyarakat ekonomi menengah ke bawah tidak perlu pergi jauh-jauh lagi ke Jakarta bahkan luar negeri.

Apalagi, katanya, Andi membandingkan jumlah pasien kelas menengah ke bawah yang meninggal karena menderita jantung di Riau sangat tinggi. Walau ia tak tahu pasti angkanya. Ini dikarenakan jauhnya jarak untuk segera mendapatkan pertolongan melalui darat, laut bahkan udara. Selain biaya yang tinggi.

Namun dengan sudah bisanya RSUD Arifin Achmad melakukan operasi jantung koroner diharapkan bisa memperkecil kematian. Artinya dengan adanya RSUD ini akan mempermudah layanan penyakit jantung di Riau," tegas Arsyadjuliandi.

Walau diakui dia lagi masih dibutuhkan penambahan dan kelengkapan peralatan termasuk SDM, namun itu bisa dipenuhi seiring waktu.

"Yang penting komitmen kita bersama, RSUD bisa mandiri kedepan dalam operasi jantung," tambahnya.

Sementara Dirut RSUD Arifin Achmad, Nuzelly Husnedi menyatakan bersyukur akhirnya rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Riau itu sudah bisa melakukan operasi jantung koroner.

"Alhamdulilah perencanaan RSUD Arifin Achmad  miliki layanan operasi jantung terwujud. Tadi pagi dua tim dari RS Harapan Kita dan RSUD yang sudah sukses melakukan operasi jantung dan berjalan lancar dan baik," tambahnya.

Di tempat yang sama Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita sekaligus ketua tim operasi Hananto Adriantoro mengaku pihaknya sudah melakukan persiapan ini setahun lalu dengan melakukan pembinaan kepada para dokter bedah jantung yang ada di RSUD Arifin Achmad.

"Alhamdulilah dengan kinerja yang baik direksi RSUD bisa melakukan dapat pintas koroner tadi pagi, dengan pendampingan dari tim Harapan Kita," urainya.

Ia berharap pendampingan terhadap RSUD Arifin Achmad dalam setiap pelaksanaan operasi jantung akan terus dilakukan oleh RS Harapan Kita hingga mandiri.

"Kami menargetkan RSUD Arifin Achmad bisa mandiri pada 2019 dan mampu melakukan operasi jantung untuk tingkatan satu dan dua seperti RSUD Aceh dan RS Adam Malik," tambahnya.