Gubri: Kepala Daerah Harus Optimalkan Serapan APBD

id gubri kepala, daerah harus, optimalkan serapan apbd

Gubri: Kepala Daerah Harus Optimalkan Serapan APBD

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengimbau kepada kepala daerah yang baru dilantik di daerah itu dapat segera merealisasikan pelaksanaan APBD kabupaten/Kota Tahun 2017 dan mengupayakan serapan APBD setempat seoptimal mungkin.

"Sebab, tahun anggaran sudah berjalan dan sebentar lagi memasuki pertengahan tahun, pembangunan tidak lagi bisa ditunda dan saat ini kami juga tengah membahas APBD 2018," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Senin.

Baca juga:Pascadilantik, Wako Pekanbaru Fokuskan Pada Pengendalian Harga Sembako

Selain mengoptimalkan serapan APBD, lanjutnya, ia juga berharap adanya peningkatkan kompetensi segenap aparatur, dan terutamanya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah serta mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan pemerintah daerah.

"Hal itu tentu sebagai wujud peningkatan transparansi dalam pengelolaan keuangan negara," ucapnya.

Disamping itu, Kepala Daerah baru juga diharapkan dapat menjaga dan memantapkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah dengan berpedoman pada empat konsensus, yakni Pancasila, Undang- undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

"Saat ini, kita juga harus peka terhadap banyaknya patologi sosial ditengah masyarakat berupa ketimpangan sosial, ketidakadilan, serta kehancuran moralitas ditengah masyarakat yang semakin meningkat yang berakibat pada kekecewaan terhadap penyelenggaraan pemerintahan," ujarnya.

Baca juga:Ini Pesan Gubernur Riau Untuk Kepala Daerah Yang Baru Dilantik

Dan berkaitan hal itu, lanjutnya, harus ada pengawasan dan deteksi dini oleh instansi terkait, kemudian berkoordinasi dengan Forkopimda Kabupaten/Kota dalam menangkal kelompok-kelompok radikal dan organisasi menyimpang di Provinsi Riau.

"Saya berharap Bupati dan Wakil Bupati Kampar serta Walikota dan Wakil walikota Pekanbaru dapat segera berlari kencang menyelesaikan tugas pemerintahan secara maksimal," katanya.