Ajak Masyarakat Hidup Sehat, BPJS Pekanbaru Sosialisasikan Program Prolanis

id ajak masyarakat, hidup sehat, bpjs pekanbaru, sosialisasikan program prolanis

Ajak Masyarakat Hidup Sehat, BPJS Pekanbaru Sosialisasikan Program Prolanis

Pekanbaru (Antarariau.com) - BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Pekanbaru mengajak masyarakat senantiasa membudayakan pola hidup sehat khususnya bagi penderita diabetes mellitus dan hipertensi melalui program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

"Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif terhadap peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis seperti diabetes mellitus dan hipertensi itu, antara lain hanya senam setiap pagi," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Eddy Martadinata, dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut Eddy, dengan melakukan senam setiap saat diharapkan bisa tercapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Ia menyebutkan, sebanyak 2.535 peserta JKN KIS yang ikut dalam progarm Prolanis berasal dari peserta JKN-KIS di Kota Pekanbaru dan 10 FKTP, 16 klub prolanis dan 152 peserta Prolanis yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu.

"Melalui program Prolanis BPJS Kesehatan sekaligus mempromosikan bahwa warga mudah dan berbiaya murah untuk menerapkan pola hidup sehat," katanya.

Hanya cukup dengan melakukan senam setiap pagi, katanya lagi, kita sudah meningkatkan kebugaran dan sistem imun sehingga tidak mudah sakit.

Ia mengatakan, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif untuk menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat.

BPJS Kesehatan mencatat bahwa sampai dengan 12 Mei 2017, jumlah peserta JKN-KIS telah mencapai 393.993 jiwa untuk Kabupaten Kampar, 180.249 jiwa untuk Kabupaten Pelalawan, 199,381 jiwa untuk Kabupaten Rokan Hulu dan 929.049 jiwa untuk kota Pekanbaru.

Dalam menyediakan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 270 FKTP, yang terdiri atas 85 Puskesmas, 134 Klinik Pratama, 37 dokter praktik perorangan, dan 14 dokter gigi praktik perorangan. Selain itu, juga telah bermitra dengan 38 rumah sakit dan klinik utama, 22 apotek, dan 17 optik.