Jelang Ramadan, Masyarakat Bengkalis Padati TPU

id jelang ramadan, masyarakat bengkalis, padati tpu

Jelang Ramadan, Masyarakat Bengkalis Padati TPU

Bengkalis (Antarariau.com) - Ratusan warga muslim di berbagai desa di daerah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, mulai memadati tempat pemakaman umum di sudut kota setempat, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1438 H.

"Kami melakukan ziarah makam almarhumah ibu kami hari ini," kata warga Kelurahan Damon, Yati (36) saat ditemui di tempat pemakaman umum kelurahan Damon, Rabu.

Dia mengatakan, hari ini warga di daerah itu mulai ramai yang melakukan ziarah.

"Seminggu sebelum Ramadan memang seperti ini, dan hari ini ramai, mungkin karena cuaca juga teduh hari ini," katanya lagi.

Hal yang sama juga dilakukan warga Kebun Kapas Kelurahan Rimba Sekampung, Jamal (29) yang sedang menziarahi makam almarhum ibunya.

"Alhamdulillah, kami sekeluarga menziarahi makam ibu hari ini, karena cuaca juga tidak panas, ramai yang ziarah hari ini, seperti biasa kami mengadakan tahlil dan baca yasin serta tabur bunga di makam," kata Jamal.

Menurut dia, menyambut bulan suci Ramadan, ziarah makam merupakan kegiatan yang wajib bagi warga muslim.

Dari pantauan Antara tepatnya di pemakaman umum kota layu, Rimba Sekampung kecamatan Bengkalis, ratusan warga bergantian melakukan ziarah ke makam saudaranya, baik itu kaum muda dan kaum tua.

Selain makam keluarga, warga juga banyak melakukan ziarah ke makam yang dikenal sebagai sosok alim ulama yaitu makam Fakih Ghani yang merupakan sosok yang dikenal sebagai ulama.

Makam berkepuk keramik putih yang tanpa nama itu banyak diziarahi warga muslim di daerah itu, bahkan rombongan pejabat pemerintah Kabupaten Bengkalis juga melakukan ziarah di makam itu.