Ribuan Barang Sitaan BC Siak Dimusnahkan

id ribuan barang, sitaan bc, siak dimusnahkan

Ribuan Barang Sitaan BC Siak Dimusnahkan

Siak (Antarariau.com) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Pratama Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau memusnahkan puluhan ribu benda hasil penindakan dari tahun 2012 hingga 2016, Rabu.

"Kami kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai Siak akan lebih berupaya keras untuk meningkatkan pengawasan barang-barang ilegal," kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Siak Sri Indrapura, Ishak Amran di Merempan Hilir, Kabupaten Siak.

Barang/benda yang dimusnahkan tersebut yakni 200.924 batang rokok barang kena cukai jenis hasil tembakau/rokok, 943 botol yang terdiri atas 7.742 liter barang kena cukai kenisinuman mengandung etik alkohol.

383 kaleng minuman mengandung etik alkohol atau 126 liter. 1.344 unit handphone (HP), 961 aksesoris HP, 25 unit laptop, 13 tas laptop dan satu koper travel bagi fantana, dan 300 botol parfum dan cairan pewangi.

"Upaya yang dilakukan Bea Cukai Tipe Pratama Siak Sri Indrapura ini adalah dalam rangka mencegah segala bentuk penyelundupan di Siak. Bagi jajaran tidak boleh cepat berpuas diri, dan harus meningkatkan pengawasan ke depannya," katanya lagi.

Dia menyebutkan, perkiraan nilai barang tersebut sebesar Rp1,2 miliar lebih dengan potensi kerugian negara lebih kurang Rp376 juta lebih.

"Barang tersebut merupakan barang hasil penindakan KPPBC Tipe Pratama Siak," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, sebelum pemusnahan barang tindakan, sebanyak 56 unit laptop dan 12 charger barang milik negara tersebut di hibahkan ketiga panti asuhan / yayasan di kabupaten Siak.

Terdiri atas, Yayasan Assidiqiyah Siak menerima sebanyak 20 unit laptop, panti asuhan terpadu Muhammadiyah Tualang dan Panti Asuhan Al Fadhlah, masing-masing menerima hibah sebanyak 18 unit laptop.

Turut hadir dalam pemusnahan dan hibah tersebut perwakilan Kepala Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat, Dinas Sosial, Kepala KPNKL Dumai, ketua yayasan / panti dan tokoh masyarakat Mempura.