Bupati Kampar: Jadikan Harkitnas Pemersatu Bangsa

id bupati kampar jadikan harkitnas pemersatu bangsa

Bupati Kampar: Jadikan Harkitnas Pemersatu Bangsa

Bangkinangkota (Antarariau.com) - Bupati Kampar H.Azis Zainal,SH harapkan peringatan Harkitnas jadi pemersatu bangsa. Hal tersebut ia sampaikan ketika membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia saat memimpin upacara bendera memperingati hari Kebangkitan Nasional ke 109 di Lapangan Pelajar Bangkinangkota, rabu (23/5).

Lebih jauh Bupati melanjutkan, betapa tak mudahnya para pendahulu merajut angan ke-Indonesiaan saat itu, ketika infrastruktur, transportasi dan komunikasi masih terbatas, ketika sumber daya insani yang teguh dengan pemikiran ke-Indonesiaan masih dapat dihitung dengan jari, ketika acuan untuk memperkokoh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat masih belum mengakar kuat, ketika semuanya itu berada dalam konteks ketakutan akan kekejaman kolonialis yang siaga memberangus setiap pemikiran yang memantik hasrat lepas dari belenggu penjajahan.

Ke depan ujar Bupati, sebagaimana Presiden RI Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan antar wilayah hendak diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan mempekuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Pada awal tahun 2017 ini, meski secara angka membaik dibanding tahun sebelumnya, koefisien nisbah gini atau gini ratio, yang merupakan ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk, masih sekitar 40 persen. Presiden meminta aparat penyelenggara negara bekerja keras menurunkan indeks tersebut melalui berbagai langkah yang multidimensi.

Mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial adalah menjadi penghormatan terhadap cita-cita para peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia. bagi kita, kebangkitan nasional hanya akan berarti jika tidak ada satu anak bangsa pun yang tercecer dari gerbong kebangkitan tersebut.

Berlatar belakang pemikiran itu maka tema Harkitnas tahun ini Pemerataan Pembangunan Indonesia Yang Berkeadilan Sebagai Wujud Kebangkitan Nasional ini adalah pesan yang tepat dan seyognya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kepada masyarakat dan bangsa.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor. Diantaranya sektor Kelistrikan, Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur termasuk dalam bidang Agraria telah diluncurkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (kpe) yang bertumpu pada 3 pilar yaitu Lahan, Kesempatan dan SDM yang menitikberatkan pada reforma Agraria, termasuk legalisasi lahan transmigrasi, pendidikan dan pelatihan vokasi, perumahan untuk masyarakat miskin perkotaan, serta ritel modern dan pasar tradisional.

Selain itu Pemerintah juga melakukan upaya pemerataan di sektor Kominfo melalui program palapa ring, berupa proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia sehingga keberadaan Internet berkecepatan tinggi (broadband) dapat dinikmati secara luas.

semoga kita semua bisa meniti ombak besar perubahan digital dengan selamat dan sentosa dan berbuah manis bagi orientasi pelayanan kepada masyarakat. hanya dengan semangat untuk tidak meninggalkan satu orang pun tercecer dalam gerbong pembangunan maka Negara Kesatuan Republik Indonesia ini akan tetap jaya.

Demikian beberapa hal dijelaskan Bupati yang ditutup dengan ungkapan semoga dalam peringatan hari kebangkitan nasional ke-109 tahun 2017 ini, kinerja kita semakin baik dan semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Usai membacakan sambutan Mendinas Bupati Kampar Azis Zainal menambahkan seraya mengajak semua unsur dan lapisan masyarakat Kampar agar dapat bergandengan tangan, lupakan masa lalu, kesenjangan sosial masih banyak dirasakan disebabkan belum meratanya penerangan listrik didaerah kita, begitu juga pendidikan dan kesehatan masih banyak yang belum terlayani dalam meningkatkan harapan hidup masyarakat kita.

"Dibidang pendidikan, kita juga masih kurang, untuk itu kepada para guru dan anak didik yang ikut pada upacara Harkitnas, Bupati berpesan, ke depan persaingan semakin tinggi untuk dapat menghadapi itu semua dengan bekal ilmu agar bisa bersaing, ekonomi masih dikuasai pihak asing, mari kita berjuang bersama-sama untuk menjadi Kabupaten Kampar yang terbaik di Provinsi Riau," ucapnya.

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2017