Festival Lampu Colok Bengkalis Perebutkan Hadiah Jutaan Rupiah

id festival lampu, colok bengkalis, perebutkan hadiah, jutaan rupiah

Festival Lampu Colok Bengkalis Perebutkan Hadiah Jutaan Rupiah

Bengkalis (Antarariau.com) - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, kembali menggelar festival lampu colok dengan hadiah jutaan rupiah.

"Festival lampu colok ini merupakan agenda tahunan kita untuk menyemarakkan malam 27 Ramadan, dan Untuk festival lampu colok ini kita sudah menyiapkan hadiahnya, juara satu sebanyak Rp5 juta, juara dua Rp4,5 juta, juara tiga Rp4 juta, dan selanjutnya harapan satu, dua dan tiga masing-masing mendapatkan Rp2,5 juta," kata Kabid Kebudayaan, Baharudin di Bengkalis, Rabu.

Dia mengatakan, tahun lalu peresmian diadakan di kecamatan Bengkalis, tahun ini festival lampu colok dipusatkan di Selat Baru Kecamatan Bantan yang akan diresmikan langsung oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin.

"Karena kecamatan Bantan sudah tiga kali mendapatkan juara, tahun ini mereka menjadi tuan rumah peresmian festival lampu colok, dan untuk pendaftaran sudah kita buka sejak 5 Juni lalu dan akan kita tutup pada 20 Juni mendatang," kata Baharudin.

Selanjutnya, untuk peserta festival lampu colok ini akan diberikan bantuan kisaran 500 hingga jutaan rupiah.

"Bantuan ini diberikan tergantung besar kecilnya menara yang dibuat, jika menaranya besar, maka bantuanpun akan besar," katanya.

Menurut Baharudin, tradisi lampu colok ini merupakan tradisi orang terdahulu yang awalnya hanya dijadikan sebagai penerang jalan.

"Orang tua kita terdahulu menjadikan pelita colok ini sebagai penerang jalan seperti pergi kesumur untuk mengambil wudhu, sehingga seiring berkembangnya zaman dan adanya inisiatif dari para pemuda maka dibuatlah lampu colok ini dengan berbagai gambar seperti gambar masjid dan sebagainya," katanya.