Hasil Uji Laboratorium BPOM Temukan Boraks Dalam Kerupuk Di Bengkalis

id hasil uji, laboratorium bpom, temukan boraks, dalam kerupuk, di bengkalis

Hasil Uji Laboratorium BPOM Temukan Boraks Dalam Kerupuk Di Bengkalis

Bengkalis (Antarariau.com)- Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Riau melakukan uji laboratorium di tempat aneka takjil yang dijual pedagang di bazar Ramadan berpusat di Sungai Bengkel Bengkalis dan Jalan Tandun.

"Ada beberapa sample yang kita lakukan uji lab, tujuan dilakukan pemeriksaan ini tidak lain untuk mengetahui apakah makanan ini mengandung zat berbahaya, ada tiga orang yang melakukan uji lab ini," kata Ketua tim sidak BPOM Provinsi Riau, Sarminda, usai melakukan sidak di Bazar Ramadan.

Dia mengatakan, takjil yang dilakukan uji lab tersebut di antaranya, mie kuning, beraneka macam kue, kue yang berwarna cerah, serta kerupuk.

"Dari hasil uji lab takjil Ramadan ini ada makanan yang mengandung boraks, yaitu kerupuk yang biasa digunakan untuk tambahan lontong, maupun pecal," katanya.

Mengetahui kerupuk yang dijual para pedagang menggunakan boraks, BPOM bersama Dinas Kesehatan, Disdagperin dan LPKSM langsung memberitahukan kepada pedagang serta melarang penjualan kerupuk tersebut.

Dari hasil lab hanya kerupuk yang mengandung bahan berbahaya, sedangkan makanan lainnya masih dalam kategori aman dikonsumsi.

Dalam kesempatan itu ia berpesan kepada produsen untuk tidak menggunakan zat berbahaya yang mengancam kesehatan masyarakat, sedangkan masyarakat juga diingatkan untuk teliti dalam memilih makanan.