Bupati Kuansing Ekspose Kekayaan Daerah Setempat Di Jakarta

id bupati kuansing, ekspose kekayaan, daerah setempat, di jakarta

Bupati Kuansing Ekspose Kekayaan Daerah Setempat Di Jakarta

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Bupati Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Mursini memaparkan kelayakan daerahnya meraih Penghargaan Adipura kepada tim penilai di Jakarta, Sabtu.

Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kuantan Singingi Jafrinaldi di Teluk Kuantan, mengatakan, berdasarkan jadwal panitia pemaparan mulai dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

Bupati memaparkan gambaran umum Kuantan Singingi, geostrategis daerah, visi dan misi mengenai perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,a kebijakan dan program implementasi pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, Bupati memaparkan isu-isu lingkungan di Kuansing, kebijakan pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta program pengendalian kerusakan akibat penambangan, kegiatan pengelolaan persampahan, anggaran dan permasalahan pengelolaan persampahan, juga prestasi yang dicapai.

"Bupati juga memaparkan program inovasi bidang lingkungan yang sudah dilakukan, sepert 'waste to energi' atau program biogas terhadap kelompok peternak sapi di desa Pangkalan Indarung," ujarnya.

Waste resource atau program UPPO atau unit pengelolaan pupuk organik oleh 3 kelompok, pelestarian keanekaragaman hayati lubuk larangan Pangkalan Indarung dan danau Sungai Soriak serta keanekaragaman hayati hutan adat Teratak Air Hitam serta Green transportation atau penyediaan layanan angkuatan umum murah.

Bupat menngemukakan sejumlah penghargaan yang pernah diraih Kuansing seperti sertifikat Adipura tahun 2015, kota terbersih Riau tahun 2004 dan 2011, lima kali mendapat opini WTP dari BPK dan Adiwiyata Mandiri SMKN 2 Teluk Kuantan serta Penghargaan Kalpataru hutan adat Teratak Air Hitam tahun 2004.

"Sertifikat Kalpatru lubuk larangan Pangkalan Indarung tahun 2005, Kalpataru tingkat provinsi Riau, Sertifikat Proklim yang diraih PosyYandu Permata Bunda kelurahan Muara Lembu tahun 2016 serta terbaik kedua SLHD Riau tahun 2014, terbaik ketiga SLHD Riau tahun 2015," katanya.

Ada 128 bupati dan wali kota se-Indonesia yang akan melakukan ekspose masing-masing daerah, sementara dari Provinsi Riau ada empat yakni Kota Pekanbaru, Siak, Bengkalis dan Kabupaten Kuansing.