Bupati Kampar Sambangi Bappenas RI

id bupati kampar, sambangi bappenas ri

Bupati Kampar Sambangi Bappenas RI

Kampar (Antarariau.com) - Usai berkonsultasi ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM membawa rombongan Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI. Langkah itu dilakukan masih dalam rangka percepatan upaya mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2018, demi kepentingan pembangunan Kampar.

Pertemuan dengan Bappenas dilaksanakan di Gedung Bappenas Jakarta Pusat Jumat (9/6). Tampak hadir mendampingi Bupati yakni Kepala Bappeda Azwan, Kepala BPKAD Edward, Kepala Badan Lingkungan Hidup Cokro Aminoto, Kepala Dinas Pertanian Hendri Dunan, kepala Dinas PUPR Indra Pomi, Kepala Dinas koperasi Heri Aprizon, Kepala kepala Dinas KB Eri Aprizon Kabag Protokol dan Humas Ardi Mardiansyah.

Bupati dalam paparannya mengungkapkan bahwa pasca pelantikan, Bupati mempelajari beberapa hal yang terkait dengan APBD Kampar tahun ke tahun. APBD yang dari tahun ketahun mengalami penurunan karena pengurangan Dana Dari pemerintah pusat. Apalagi postur APBD yang tidak ideal antara belanja pegawai dan belanja modal. Untuk itu, Bupati meminta pertimbangan khusus agar usulan-usulan terealisasi.

Sementara itu, Direktur Otonomi Daerah Bapppenas Ir R Aryawan Soetiarsopoetro MSi mengatakan bahwa Dana Alokasi Khusus mulai 2017 mencoba menata dengan mengunakan e-planning bappenas, ini digunakan untuk menjaga akuntabilitas. DAK Perkembangan dari tahun 2016 untuk seluruh Indonesia itu sebesar 89 Triliun sedangan untuk 2017 58 Triliun dan diperkirakan untuk Tahun 2018 diperkirakan akan sama dengan 2017.

Sementara itu jumlah berdasarkan jumlah rekap yg masuk ke Bappenas sebanyak 80.500 usulan dengan jumlah sebesar Rp2500 triliun. Untuk itu perlu pertimbangan baik dari Kementerian Teknis, Kementerian Keuangan dan Bappenas.

"Untuk itu pada pengusulan harus skala prioritas, bukan keinginan tapi memang betul-betul kebutuhan, dan harus dilengkapi dengan data-data pemdukung yang akurat," ucapnya.

Bupati mengatakan berterima kasih jajaran Bappenas yang telah bersedia menerima Bupati dan rombongan dari Kampar dan untuk memastikan keadaan real di Kampar. Bupati berencana mengundang pihak Bappenas untuk melihat langsung keadaan dan kondisi Kampar sehingga dipeorleh data yang lebih real dan semoga pemerintah lebih memproritaskan DAK untuk Kampar.

(RLS)