Curi Ikan, Tujuh Kapal Pukat Ikan China Ditahan Keamanan Senegal

id curi ikan, tujuh kapal, pukat ikan, china ditahan, keamanan senegal

Curi Ikan, Tujuh Kapal Pukat Ikan China Ditahan Keamanan Senegal

Dakar (Antarariau.com) - Pihak berwenang di Senegal telah menahan tujuh kapal pukat China karena mencari ikan secara ilegal di perairannya, kata angkatan laut negara itu Sabtu.

Sebuah kapal patroli Senegal mencegat kapal-kapal China itu di lepas pantai kawasan Casamance pada Jumat, kata Kapten Karim Mara, kepala misi patroli, kepada kantor berita Reuters melalui telepon.

"Kapal-kapal pukat itu ditangkap karena melakukan pelanggaran dengan mencari ikan tanpa izin di perairan Senegal," kata Mara, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Afrika Barat memiliki sediaan ikan yang paling kaya di dunia, tetapi berkurang dengan cepat karena penangkapan oleh kapal-kapal pukat, sebagian beroperasi secara ilegal.

Sebuah kajian di jurnal Frontiers dalam Sains Kelautan memperkirakan kerugian Afrika Barat per tahun akibat pencurian ikan dan tak teregulasi mencapai 2,3 miliar dolar AS.

Para nelayan China dan juga pekerja dari Guinea- Bissau serta Guinea berada di kapal itu, kata Mara.

Bulan lalu kelompok lingkungan hidup Greenpeace mengatakan negara-negara Afrika Barat telah menahan delapan kapal China karena pencurian ikan dan para pemilik kapal dapat dikenai denda jutaan dolar.