Jelang Lebaran Penumpang Pesawat Bandara Pekanbaru Meningkat 8 Persen

id jelang lebaran, penumpang pesawat, bandara pekanbaru, meningkat 8 persen

Jelang Lebaran Penumpang Pesawat Bandara Pekanbaru Meningkat 8 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengalami peningkatan sekitar 8 persen mulai dua pekan jelang Lebaran 2017.

"Jumlah penumpang di SSK II ini sejak 10 Juni kemarin sudah ada peningkatan," kata General Manager SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait, di Pekanbaru, Jumat.

Ia menjelaskan sejak 10 Juni, per hari jumlah penumpang mencapai 9.500 orang yang datang maupun berangkat dari Pekanbaru. Naik dari rata-rata 8.000-8.400 penumpang pada hari sebelumnya.

Peningkatan ini, kata dia lagi, menunjukkan tingkat okupansi atau keterisian pesawat juga naik menjadi 90-98 persen. Artinya, Jaya mengatakan bahwa kursi yang tersedia untuk melayani pemudik dari dan menuju Bandara Pekanbaru mulai diminati.

"Berarti ada peningkatan penumpang kalau dilihat statistik angkutan udara diminati trennya naik karena masyarakat menilai aman, nyaman, tepat waktu," ujarnya lagi.

Ia memperkirakan puncak arus mudik pengguna pesawat di Bandara Pekanbaru akan mencapai puncak pada H-3 dan H-2 Lebaran 2017.

"Diprediksi puncak arus mudik pada H-3 dan H-2, atau 23-24 Juni. Diprediksi jumlah penumpang sekitar 13.000 orang penerbangan domestik dan luar negeri," katanya lagi.

Dia menambahkan untuk memastikan layanan pemudik aman, pengelola Bandara SSK II telah mendirikan satu unit posko terpadu Lebaran 2017 untuk memantau aktivitas transportasi udara di daerah ini yang difungsikan mulai 15 Juni hingga 11 Juli.

Mereka yang terlibat posko terpadu tersebut, yakni petugas gabungan di antaranya dari otoritas bandara setempat, aparat TNI Angkatan Udara setempat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Air Navigation, dan Basarnas.

Letak Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tahun 2016 itu tepat berada di lantai dasar ruang terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II atau tidak jauh dari ruang terminal kedatangan penumpang domestik.