Harapkan Kualitas Terjaga, Legislator Kuansing Sambangi Proses Pembibitan Sawit

id harapkan kualitas, terjaga legislator, kuansing sambangi, proses pembibitan sawit

Harapkan Kualitas Terjaga, Legislator Kuansing Sambangi Proses Pembibitan Sawit

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau meninjau pembibitan sawit yang dilakukan oleh PT Udaya Great Sawitindo (UGS), karena berharap kualitas lebih terjaga dan diutamakan oleh pihak perusahaan.

"Saat ini terlihat ada mencapai 200 batang bibit dengan umur 12 bulan," kata Wakil Ketua komisi B DPRD Kuantan Singingi Satra Febriawan di Teluk Kuantan, Senin.

Ia mengatakan, semua pihak merasa bangga jika ada perusahaan yang melakukan kegiatan pembibitan sawit yang berkualitas untuk dipasarkan di wilayah Kuansing, karena selama ini dikhawatirkan banyak bibit yang beredar tidak memenuhi standar sehingga hasil panen rendah.

Perusahaan PT UGS telihat serius dalam hal tersebut, sehingga pengelolaan dalam jumlah yang besar dengan berbagai varietas unggul yang diyakini semua dalam keadaan sehat.

"Kami berharap kondisi bibit sawit tetap sehat dan tidak ada gejala rusak," katanya.

Komisi B DPRD Kuansing berharap, PT UGS dapat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian terkait rencana kegiatan pengadaan bibit kelapa sawit unggul yang dianggarkan dalam APBD 2017.

Kabupaten Kuantan Singingi kedepannya harus bisa menjadi lumbungnya sawit yang berkualitas tinggi, hasil panen yang memenuhi standar nasional seperti yang diharapkan oleh semua konsumen selama ini secara internasional.

Manager PT Udaya Great Sawitindo Lohjinawi Rajin Sembiring mengatakan, bahwa perusahan ini merupakan satu - satunya yang memiliki izin usaha yang bergerak di bidang pembibitan kelapa sawit di Kuansing.

"Sekarang stok bibit berkisar dua ribuan mulai umur 12 bulan hingga 18 bulan, dengan varietas SMB dan Dumpy," ujarnya.

Menurutnya, mengenai harga bibit sawit yang bakal diperjualkan berkisar Rp36.000 perbatang yang dijamin dengan sertifikat dan kualitas bibit unggul sehingga konsumen tidak perlu ragu.

"Kami memberikan keyakinan kepada pembeli bahwa kulaitas yang disediakan sangat baik," ucap dia.