Disperindag Inhil Nyatakan Ketersediaan Stok Sembako Jelang Lebaran

id disperindag inhil, nyatakan ketersediaan, stok sembako, jelang lebaran

Disperindag Inhil Nyatakan Ketersediaan Stok Sembako Jelang Lebaran

Tembilahan (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau menyebutkan persediaan bahan-bahan pokok yang ada di Kabupaten Inhil jelang Idul Fitri 1438 H, aman.

"Kita telah melakukan pemantauan terhadap sejumlah bahan pokok seperti di antaranya gula, kacang, minyak goreng, daging, terigu dan lain sebagainya. Kesimpulannya, untuk saat ini persediaannya mencukupi," kata Kepala Bidang Pasar Disperindag Inhil, Ahmad Fitri di Tembilahan, Selasa.

Selain itu, kata dia, beberapa harga jual komoditas pangan tercatat mengalami penurunan harga seperti cabai rawit sebesar 20 persen/Kg di tingkat pengecer, daging ayam sebesar 5 persen/Kg, serta bawang putih yang beberapa waktu lalu sempat mengalami harga jual yang relatif tinggi.

Fitri mengatakan, saat ini yang menjadi sorotan adalah daging sapi lokal yang mana terjadi kenaikan harga jual sebesar Rp 130.000/Kg.

"Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga yang semakin tinggi, kita telah berkoordinasi dengan pihak Provinsi untuk melakukan penekanan harga," ucapnya.

Ia menjelaskan, persoalan kenaikan harga daging sapi lokal tersebut disebabkan oleh jauhnya jarak yang harus ditempuh dari Madura ke Tembilahan untuk mendatangkan sapi, inilah yang menjadi kendalanya.

Meski demikian, Untuk tetap membantu memenuhi kebutuhan masyarakat mendapatkan daging sapi murah, hari ini bulok telah menyiapkan 150 Kg daging sapi import dari india.

Saat ini telah dipromosikan dengan harga jual Rp 80.000/Kg.

Ia mengungkapkan, pemicu utama naiknya harga jual di pasaran adalah tidak seimbangnya persediaan dengan permintaan masyarakat.

Untuk itulah, lanjut fitri pemerintah akan terus berupaya menjaga stabilitas harga pangan dengan tetap berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat.

Oleh: Adriah Akil