Bandara SSK II Pekanbaru mengalami Kenaikan Jumlah Penumpang 13 Persen

id bandara ssk, ii pekanbaru, mengalami kenaikan, jumlah penumpang, 13 persen

Bandara SSK II Pekanbaru mengalami Kenaikan Jumlah Penumpang 13 Persen

Pekanbaru (Antarariau.com) - Jumlah penumpang pesawat yang melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengalami peningkatan sekitar 13 persen pada H-10 hingga H-6 Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Jumlah penumpang rata-rata per hari sejak H-10 Idul Fitri mencapai 12.370 penumpang atau ada kenaikan 13 persen," kata General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II, Jaya Tahoma Sirait kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Ia menjelaskan dari 12.370 penumpang yang melintasi bandara tersebut dirinci orang datang 37.929 dan berangkat 36.296.

"Peningkatan paling banyak itu kalau hari Jumat dan Sabtu, ini terlihat pada 16-17 Juni lalu penumpang bandara mencapai 12.616," tuturnya.

Sementara sambung dia jumlah pesawat yang digunakan sebanyak 89 penerbangan per hari.

Peningkatan penumpang ini sebut Jaya lagi belum memaksimalkan tingkat okupansi atau keterisian karena masih rata-rata 81 persen.

Artinya, Jaya mengatakan masih banyak kursi yang tersedia untuk melayani pemudik dari dan menuju Bandara Pekanbaru.

Ia memperkirakan puncak arus mudik pengguna pesawat di Bandara Pekanbaru akan mencapai puncaknya H-2 Lebaran.

"Diprediksi puncak arus mudik pada H-2, karena itu Jumat dimana libur bersama pegawai sudah mulai," tambahnya.

Ia juga memperkirakan pada saat arus mudik puncak ini ada 13.850 penumpang yang akan menggunakan layanan SSK II.

"Diperkirakan naik dari puncak tahun lalu yang hanya 10.806 orang," tambahnya.

Sebelumnya juga diberitakan empat perusahaan maskapai penerbangan telah mengajukan penambahan frekuensi terbang atau "extra flight" di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru guna mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Untuk internasional permintaan "extra flight" datang dari maskapai jetstar rute Pekanbaru tujuan destinasi wisata Singapura pada 28 Juni dan 30 Juni. Penambahan penerbangan keluar negeri Jetstar sekali berangkat dan sekali pulang.

Sementara untuk domestik lanjut dia ada permintaan tambahan penerbangan dari maskapai Lion Air satu jadwal sehari dengan tujuan penerbangan Pekanbaru - Batam dan sebaliknya.

Kemudian kata dia masih oleh maskapai Lion Air ada tambahan untuk rute Pekanbaru - Kualanamu sebanyak dua jadwal penerbangan setiap hari.

"extra fligh" Lion Air rute Pekanbaru - Kualanamu sudah mulai 16 Juni hingga 10 Juli.

Lalu maskapai Express Air juga menambah penerbangan rute Pekanbaru - Tanjung Pinang tidak tiap hari hanya pada tanggal tertentu, totalnya ada lima kali pulang-pergi selama angkutan lebaran.

Pekanbaru - Padang ikut menambah penerbangan tetapi hanya untuk angkutan lebaran tidak setiap hari oleh maskapai Wings Air.