Gelar Konser Dadakan, Fourtwnty Ajak Lestarikan Kawasan Kota Tua Pekanbaru

id gelar konser, dadakan fourtwnty, ajak lestarikan, kawasan kota, tua pekanbaru

Gelar Konser Dadakan, Fourtwnty Ajak Lestarikan Kawasan Kota Tua Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Grup indie asal Jakarta, Fourtwnty, menggelar mini konser dadakan sekaligus untuk membantu melestarikan Kampung Bandar yang merupakan kawasan kota tua di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu.

"Meski saya sekarang tinggal di Jakarta, tapi hati saya tetap di Pekanbaru. Apa yang bisa kami bantu, pasti kami lakukan karena kawasan kota tua Pekanbaru ini luar biasa," kata vokalis Fourtwnty Ari Lesmana kepada Antara.

Band yang digawangi oleh Ari Lesmana, Nuwi dan Roots ini terlibat dalam pertunjukan bertajuk "Bisik Musik #1 Secret Show", dipelataran sebuah rumah panggung kuno berarsitektur khas Melayu di Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru. Konser rahasia ini merupakan kolaborasi yang melibatkan komunitas MusiccornerID, Rekanada, dan Pekanbaru Heritage.

Keunikan kawasan tua Pekanbaru bahkan membuat Fourtwnty memilih salah satu rumah tua untuk menjadi objek foto untuk mini album terbaru, yang berjudul "Jangan Minta Lebih".

Baca juga:Band Indie Fourtwnty Gelar Konser Rahasia Yang Unik Di Pekanbaru

"Kita juga foto di rumah tua untuk sampul mini album baru," kata Ari seraya mengatakan album mini tersebut akan dirilis pada tahun ini.

Pegiat Pekanbaru Heritage, Mike Agnesia, mengatakan peserta yang diseleksi untuk dapat hadir di konser rahasia itu terlebih dahulu mengikuti tur singkat di Kampung Bandar. Bangunan kuno tersebut diantaranya adalah Rumah Singgah Sultan Siak, rumah tenun, dan akhirnya lokasi konser dipelataran sebuah rumah panggung yang terbuat dari kayu berusia hampir seabad.

"Kita jelaskan tentang sejarah bangunan-bangunan tua itu dan semoga mereka menyebarkannya lagi di media sosial," kata Mike.

Roni Azhar dari MusiccornerID mengatakan konsep konser rahasia melibatkan sejumlah komunitas ini adalah yang pertama kali di Pekanbaru. "Ini jadi tantangan juga buat kita karena selama ini penikmat musik di Pekanbaru sangat dingin untuk acara musik," katanya.

Parlindungan dari Rekanada menambahkan, konser rahasia ini dipersiapkan secara singkat dan swadaya.

"Kami berterima kasih karena warga Kampung Bandar banyak membantu, dan nama Fourtwnty juga menjadi daya tarik untuk acara ini," katanya.

Pada konser rahasia itu, Fourtwnty membawakan lima lagu. Mereka membuka penampilan lewat dua lagu dari album "Lelaku", yang berjudul "Aku Bukan Binatang" dan "Hitam Putih".

Dilanjutkan dengan lagu karya Ismail Marzuki "Indonesia Pusaka", dan dua lagu dari album mini Fourtwnty yang tengah digarap, "Zona Nyaman" dan satu tembang yang belum ada judul.