Mudik?? Hati-Hati Kebakaran...

id mudik hati-hati kebakaran

Mudik?? Hati-Hati Kebakaran...

Tembilahan (Antarariau.com) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau mengimbau masyarakat yang akan mudik lebaran untuk memperhatikan seluruh sambungan listrik di rumah yang ditinggalkan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran.

"Terutama yang terkoneksi ke alat-alat elektronik seperti TV, lemari es, maupun alat elektronik lainnya," imbau Kepala DPKP Inhil, Sirajudin di Tembilahan, Rabu.

Selain itu, kata dia, tabung gas juga lebih baik dilepas dari regulatornya. Karena selain akibat korsleting listrik, peristiwa kebakaran juga kerap dipicu oleh kerusakan atau kebocoran regulator gas elpiji.

Sirajudin mengatakan, untuk tetap siaga menghadapi musibah kebakaran, pihaknya akan tetap piket seperti biasa meski libur Lebaran. Tidak hanya itu, persiapan fisik dan seluruh sarpras DPKP juga dalam kondisi baik dan siap siaga.

"Kita piket seperti biasa, tidak ada persiapan ekstra, akan tetapi lebih kepada jalur koordinasi berupa himbauan-himbauan kepada Instansi seperti ke Kecamatan-kecamatan hingga ke Desa-desa," ungkapnya.

Petugas pemadam kebakaran juga senantiasa siap melayani panggilan masyarakat untuk melakukan pertolongan keselamatan jiwa manusia.

Selain itu, lanjutnya, ia juga meminta kepada para petugas keamanan untuk selalu siaga dan memeriksa ketersediaan racun api di setiap perusahaan.

"Karena ketersediaan racun api sangat diperlukan sebagai upaya dini dalam mencegah terjadinya kebakaran. Terlebih saat musim kemarau seperti sekarang ini," ucapnya.

Oleh: Adriah Akil