PMI Pekanbaru Miliki Simpanan Darah Mencapai 1.500 Kantong

id pmi pekanbaru, miliki simpanan, darah mencapai, 1500 kantong

PMI Pekanbaru Miliki Simpanan Darah Mencapai 1.500 Kantong

Pekanbaru (Antarariau.com) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru, M. Noer mengatakan menjelang Idul Fitri 2017 ketersediaan darah di kantor Unit Darurat Darah (UDD) mencapai 1.500 kantong, siap mengantisipasi kebutuhan darah bagi pasien yang dirawat di rumah sakit.

"Bahkan ketersediaan darah akan bertambah lagi dari 60 kantong darah yang kini sedang diproses di lab UDD Kota Pekanbaru di Jalan Diponegoro No.15 Kota Pekanbaru," kata M. Nor di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, selama Ramadhan, PMI masih membuka jalur donor darah di pusat-pusat perbelanjaan modern yang ramai pengunjung diantaranya mall SKA dan mal Ciputra Pekanbaru.

Ia mengatakan, penjaringan pendonor baru di pusat perbelanjaan modern tersebut akan ditutup pada H-2 Idul Fitri namun akan dibuka kembali setelah Idul Fitri dengan harapan agar masyarakat bisa menjadikan donor darah sebagai gaya hidup.

"Selama Ramadhan, penghimpunan darah dari pendonor tetap dilakukan pada sore hingga malam hari, disamping tetap dilakukan di markas PMI UDD, untuk mengantisipasi kelangsungan ketersediaan darah," katanya.

Selain itu PMI juga menjaring para pendonor baru pada acara car free day atau di sekolah-sekolah terhadap siswa kelas dua atau kelas tiga yang sudah berusia 17 keatas. Juga calon pendonor berasal dari instansi pemerintah dan swasta lainnya.

Kini, katanya lagi kesadaran masyarakat di daerahnya dalam mendonorkan darah mereka cukup tinggi tinggal lagi bagaimana mengingatkan mereka untuk datang ke UDD yang beroperasi 24 jam itu.

M. Noer menyebutkan, bagi masyarakat umum sekantong darah hanya dibebani sebesar Rp360.000 sebagai uang pengganti harga kantong dan proses pengambilan darah dari pendonor tersebut.

"Sedangkan bagi pemegang kartu JKN-KIS harga proses dan kantong darah Rp360.000 akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Besaran penganti harga kantong darah sudah ditetapkan oleh pemerintah," katanya.

Oleh karena itu diharapkan keluarga yang sudah menerima bantuan darah dari PMI tetap akan membawa anggota keluarga mereka bersedia menjadi pendonor sebab setetes darah anda akan menyelamatkan nyawa orang lain.