Sejumlah Perusahaan Angkutan Darat Tambah Armada Di BPRS Pekanbaru

id sejumlah perusahaan angkutan darat tambah armada di bprs pekanbaru

Sejumlah Perusahaan Angkutan Darat Tambah Armada Di BPRS Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pengelola Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BPRS) di Pekanbaru mengaku, sejumlah perusahaan otobus menambah armada seiring melonjaknya pemudik.

"Beberapa perusahaan angkutan darat, telah menambah armadanya satu hingga tiga bus untuk melayani pemudik," kata Koordintaor Terminal BPRS, Achmad di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengaku, penambahan armada bus tersebut dilakukan sejak H-4 Lebaran atau Rabu (21/6), dan berlangsung hingga H-2 Lebaran atau Jumat (23/6).

Penambahan itu dilakukan oleh perusahaan otobus yang telah memiliki nama terutama tujuan Pekanbaru-Medan seperti CV Makmur, Putera Pelangi, CV Halmahera, dan lain-lain.

Data terakhir, terdapat 42 perusahaan otobus yang terdaftar di Pemerintah Kota Pekanbaru, terdiri 38 PO antarkota antarprovinsi (AKAP) dan 14 bus antarkota dalam provinsi (AKDP).

"Jadi selain pemudik yang ramai, angkutan juga adanya penambahan jumlah armada untuk tujuan tertentu seperti Medan, Jambi, dan Palembang," katanya.

Ketua Organda Riau, Muhammad Nasir mengaku, jumlah bus yang disiapkan tahun ini mengalami penurunan yakni 2.077 armada dalam menyambut pemudik Lebaran.

"Menurun jumlah bus untuk tahun ini. Karena persaingan antar moda transportasi, dan tumbuhnya kendaraan pribadi," ucapnya.

Ia merinci, bus angkutan Lebaran kali ini memiliki 148 perusahaan otobus unit dengan jumlah 2.077 armada, dan tempat duduk yang disediakan 35.483 kursi.

Akan tetapi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau memprediksi terjadi penurunan 0,45 persen jumlah penumpang yang diangkut oleh bus pada arus mudik Lebaran tahun 2017.

"Tahun 2017 animo masyarakat gunakan angkutan bus diprediksi mencapai 23.626 penumpang atau mengalami penurunan sebesar 0,45 persen," ujar Kepala Dishub Provinsi Riau, Arlizman Agus.