Pelabuhan Sungai Duku Lakukan Penambahan Armada Feri Ke Selatpanjang

id pelabuhan sungai, duku lakukan, penambahan armada, feri ke selatpanjang

Pelabuhan Sungai Duku Lakukan Penambahan Armada Feri Ke Selatpanjang

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pengelola Pelabuhan Sungai Duku di Pekanbaru menambah satu unit feri tujuan ke Selatpanjang, Kepulauan Meranti, menyusul peningkatan jumlah pemudik Lebaran 2017.

"Hari ini (Kamis) masih sama seperti H-4 Lebaran (Rabu). Untuk Selatpanjang dari empat kapal menjadi lima feri," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Sungai Duku, Joniansyah di Pekanbaru, Kamis.

Dia merinci, tiga feri telah diberangkat menuju ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau pada pagi hari, dari biasanya cuma dua feri.

Lalu pada sore hari diberangkatkan dua feri lagi, setelah feri tersebut tiba di Pekanbaru dari Selatpanjang menempuh perjalanan empat melewati perairan Selat Malaka dan Sungai Siak.

"Setiap feri rata-rata memiliki kapasitas 100 tempat duduk, cuma saat ini baru terisi sekitar penumpang 80 orang untuk satu kali jalan," terangnya.

Joni menambahkan, bila Kapal Motor (KM) Jelatik Ekpres tiba dua kali dalam sepekan tujuan Pekanbaru-Selatpanjang, maka jumlah feri tidak terjadi penambahan.

KM Jelatik Ekpres merupakan salah satu moda transportasi sungai dan laut yang sudah bertahun-tahun beroperasi melayani masyarakat di Selatpanjang dengan miliki kapasitas 270 kamar.

"Kapal ini setiap berangkat mulai pukul 17.00 Wib, dan tiba pukul 06.00 Wib keesokan harinya di pelabuhan tujuan," ujarnya.

"Di luar Jelatik, setiap hari ada lima sampai enam feri yang berangkat. Cuma tujuan Siak terkadang hanya satu feri yang berlayar karena masalah penumpang," tegas Joni.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Arlizman Agus mengatakan, pemudik yang menggunakan transportasi jalur sungai tahun ini diperkirakan menurun.

"Bahkan penurunan yang sama juga diprediksi terjadi pada arus mudik menggunakan jalur laut 8,49 persen, atau hanya mencapai 140.098 penumpang," katanya.

Akan tetapi untuk jenis angkutan penumpang di jalur sungai diprediksi mencapai 39.930 orang, atau mengalami kenaikan sebesar 13,03 persen dibanding tahun 2016, ucap dia.