Mudik Lewat Pelabuhan Pekanbaru Capai Puncaknya Bawa 5.985 Penumpang

id mudik lewat pelabuhan pekanbaru capai puncaknya bawa 5985 penumpang

Mudik Lewat Pelabuhan Pekanbaru Capai Puncaknya Bawa 5.985 Penumpang

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Puncak arus mudik di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru terjadi pada H-5 Lebaran atau Selasa (20/9), dengan memberangkatkan 5.985 penumpang.

"Waktu puncaknya, telah berlalu. Data di posko kita menyebut, penumpang mengalami lonjakan H-5 dengan total 5.985 orang," ujar Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Joniansyah di Pekanbaru, Jumat.

Ia berkata, hampir enam ribu orang penumpang itu baik yang berangkat dari Pekanbaru atau yang tiba dari dua destinasi yakni Selatpanjang, dan Siak.

Pada musim arus mudik Lebaran kali ini, pelabuhan setempat memberangkatkan lima kapal feri tujuan Selatpanjang pergi pulang, dan satu feri tujuan Siak pergi pulang.

Jumlah ini belum termasuk dengan keberangkatan Kapal Motor Jelatik Ekpres tiba dua kali dalam sepekan tujuan Pekanbaru-Selatpanjang pergi pulang.

"Sebab sejak lonjakan signifikan H-5 tanggal 20 Juni 2017, sampai hari ini grafiknya mengalami penurunan untuk jumlah penumpang," bebernya.

"Itu artinya, arus mudik di pelabuhan ini mulai turun berdasarkan data keberangkatan di posko kita yang sebagian besar tujuan Selatpanjang," terang Joni.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam kunjungan ke Posko Mudik di Pelabuhan Sungai Duku, Kamis (22/6), meminta faktor keamanan dan keselamatan ditingkatkan lagi.

Menurutnya, kedua faktor tersebut harus menjadi perhatian yang bersifat prioritas berbagai pihak terkait seperti administator pelabuhan dan penyedia jasa angkutan.

"Faktor keamanan dan kelayakan feri itu sendiri, pekan lalu memang sudah dilakukan pengecekan. Tapi kita ingin memastikan lagi dengan turun ke pelabuhan," katanya.