Gubernur: Solusi Banjir Pekanbaru Butuh Koordinasi Semua Pihak

id , gubernur solusi, banjir pekanbaru, butuh koordinasi, semua pihak

  Gubernur: Solusi Banjir Pekanbaru Butuh Koordinasi Semua Pihak

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan solusi mengatasi banjir yang selalu menimpa Kota Pekanbaru saat diguyur hujan lebih dari dua jam butuh koordinasi antara pemangku kebijakan terkait hingga ke tingkat pusat.

"Sinergi Organisasi Perangkat Daerah kabupaten/kota teknis di Riau harus ditingkatkan untuk melihat apa penyebab banjir," kata Andi sapaan awak media saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun Kota Pekanbaru ke- 233 di Gedung DPRD Pekanbaru, Jumat.

Andi menilai akar permasalahan banjir Pekanbaru bisa diselesaikan jika masing-masing OPD teknis mau saling bekerjasama, membangun komunikasi dan mencarikan penyelesaian sesuai kewenangan.

Apalagi nilai dirinya Pekanbaru sudah tergolong kota yang tua dalam infrastruktur jalan dan drenasenya. Sehingga butuh renovasi dan perbaharuan.

"Wajar Pekanbaru banjir saat hujan, karena kotanya sudah tua usianya saja sudah 233. Katanya pembangunan jalan Sudirman sudah lama dilakukan, maka drenase pendukungnya sudah tidak memadai," kritiknya.

Makanya sambung dia, kedepan guna mengatasi ini perlu ada saling komunikasi antara target dan rencana pembangunan di dalam kota sehingga tidak hanya membangun gedung bertingkat tetapi tanpa memperhatikan pembuangan airnya.

Ia juga menyarankan OPD terkait sesuai kewenangan baik kota, provinsi, hingga pusat harus turun ke lapangan untuk melihat langsung apa masalah utamanya.

"Misalnya diselidiki dulu apa penyebab banjirnya mungkin karena paritnya sudah mendangkal atau kondisi parit dipenuhi sampah.Ini harus dilihat dipelajari," tegas Andi.

Selanjutnya sebut mantan pengusaha ini jika harus diperbaiki atau dibangun baru drenasenya maka dibicarakan keuangan untuk pembiayaan.

"Kalau memang harus dibangun drenase lebih besar itukan bisa dibicarakan. Begitu juga terkait anggaran kalau kota tak punya, provinsi tak ada ia APBN," saran Andi.

Sekedar informasi Kota Pekanbaru hari ini Jumat 23 Juni genap berulangtahun ke -233 tahun. Suasana bahagia ini sedianya diperingati jajaran ASN setempat dengan upacara hari jadi dipimpin oleh Wali Kota Firdaus Jumat pagi pukul 07.00 WIB. Namun gagal dikarenakan hujan sejak subuh membuat lapangan upacarapun digenangi air se betis orang dewasa.

Ia tidak hanya itu banjir juga melanda beberapa ruas jalan bahkan pemukiman masyarakat tepat pada peringatan ulang tahun ke-233 di daerah berjuluk "kota bertuah" ini pada Jumat.

Banjir dipicu oleh hujan deras yang terjadi sejak Jumat dini hari hingga pagi. Kondisi cuaca diperparah dengan buruknya sistem drainase dan tumpukan sampah, telah mengakibatkan genangan air terlihat cukup tinggi di daerah yang landai.

Ketinggian air hingga setengah meter menggenangi Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Hotel Grand Central dan RS Awal Bros. Bahkan, air sampai memenuhi ruang bawah tanah hotel yang biasa digunakan untuk parkir.

Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Puyuh, tak jauh dari RS Syafira dan area permukiman di belakang Gudang Bulog Divre Riau.

Sejumlah polisi berada di lokasi banjir untuk mengalihkan arus lalu lintas agar tidak ada kendaraan yang mogok akibat terjebak banjir.

Banjir juga menggenangi ruas Jalan Arifin Achmad dan membuat kendaraan dari arah Bandara ke Panam mengambil jalur lainnya di jalan dua jalur tersebut. Kondisi banjir juga melanda daerah permukiman padat di daerah Panam, yang sudah terlihat dari Jalan HR Soebrantas.