Gubernur Riau Hadiahi Dua Taman Untuk HUT PEKANBARU

id gubernur riau, hadiahi dua, taman untuk, hut pekanbaru

Gubernur Riau Hadiahi Dua Taman Untuk HUT PEKANBARU

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyerahkan dua taman ruang terbuka hijau, yakni Kaca Mayang dan Taman Tunjuk Ajar Integritas, sebagai kado ulang tahun Kota Pekanbaru ke-233.

"Selamat ulang tahun semoga dengan ulang tahun Kota Pekanbaru akan menjadi "smart city" atau kota pintar sesuai visi walikotanya," kata Andi sapaan mantan Ketua Kadin Riau usai penandatangan serah terima dua RTH di Gedung DPRD Pekanbaru, Jumat.

Andi berharap Pekanbaru akan merawat dan mengelola dua RTH yang letaknya di pusat perkotaan tersebut sehingga mampu bermanfaat bagi masyarakat dan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemko.

"Kami sudah tandatangi serahterima dua RTH tersebut, atas permintaan Pekanbaru yang akan mengelola, Pemko sudah tahu bagaimana memanfaatkannya," ujar Andi ditanyakan sistem pengelolaannya.

Andi menjelaskan dua RTH tersebut sudah dilengkapi aneka fasilitas layaknya sebuah taman, termasuk wifi gratis yang disediakan oleh Telkomsel sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Akses Internet di dua RTH ini sekaligus melengkapi upaya Kota Pekanbaru menuju "smart city," ulasnya.

Sementara itu Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengucapkan terimakasih karena sudah dihadiahi dua RTH tersebut.

Firdaus menyebutkan angan-angan Pemprov menjadikan eks kantor PU Provinsi Riau sejak masih bertugas sebagai ASN di OPD tersebut kini bisa diwujudkan Gubernur Riau.

Ia berharap dengan dua tempat ini bisa memberikan ruang bermain bagi warga Pekanbaru khususnya anak-anak disela waktunya dan menikmati wisata serta hiburan.

"Adanya internet gratis di RTH ini kita ingin mengajarkan masyarakat lebih mengenal lagi teknologi sehingga kotanya juga masyarakatnya ikut pintar menuju Pekanbaru "smart city" tambahnya.

Sekedar informasi dua RTH yang dibangun Pemerintah Provinsi Riau menghabiskan dana sebesar Rp18 miliar dengan rincian untuk Taman Kaca Mayang Rp9 miliar dan Tugu Tunjuk Ajar Integritas Rp9 miliar.

Konsep taman hijau yang dibangun Pemerintah Provinsi Riau ini merupakan hijau berkelanjutan, dimana ditanami bungan dan kayu yang merupakan khas dari Provinsi Riau.

Untuk di Taman Kaca Mayang sendiri, konsepnya awal ini akan dibangun dari Jalan Sudirman tembus ke Jalan Sumatra kurang lebih seluas 4 hektare. Kemudian untuk selanjutnya juga akan dibangun terus taman hijau hingga tembus ke Kediaman Gubernur di Diponegoro.

Pantauan antara dua RTH yang dibangun dari anggaran Pemprov Riau tersebut dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang dipastikan membuat masyarakat dan anak-anak kota nyaman untuk nongkrong dan berolahraga. Karena ada ayunan dan aneka mainan anak.

Bukan saja taman dengan pepohonan dan rumput hijau serta areal terbuka, namun juga disediakan "jogging track" hingga wifi gratis di dua RTH tersebut.