Walau Lebaran Satgas Karhutla Riau Tetap Siaga

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Satuan Tugas (Satgas) Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau menyatakan, pihaknya tetap bertugas walau Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

        "Kami tidak libur. Patroli udara tetap kami lakukan, begitu juga dengan operasi 'water bombing' jika dibutuhkan," tegas Komandan Satgas Siaga Karhutla Provinsi Riau, Brigjen TNI Abdul Karim di Pekanbaru, Jumat.

         Ia menyatakan, timnya tetap bertugas seperti biasa walau umat Muslim di provinsi berjuluk "Bumi Lancang Kuning" itu sedang libur berhari raya setelah puasa sebulan penuh.  
   Pihaknya fokus melaksanakan kegiatan pencegahan berupa pemantauan dari udara dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

        "Lazimnya mereka pembakar lahan, menganggap patroli akan libur ketika datangnya hari besar semacam ini," katanya.

         Abdul mengaku, telah mencermati cara pembakar ini yang terbiasa akan membakar ketika akhir pekan seperti Sabtu sore atau akhir pekan hari Ahad.

         Satgas telah memberlakukan sistem rotasi dan jadwal kepada seluruh personel demi mengantisipasi kebakaran, meski tidak dengan kekuatan penuh.

        "Kita pakai sistem 'shift'. Ada yang libur, sedangkan yang lain bertugas. Jadi, tim tetap memantau para pembakar," tutur dia.

        Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain sebelumnya menegaskan, menjelang Idul Fitri tahun ini, Satgas Karhutla tidak memberi ruang sejengkal pun bagi para perambah hutan dan lahan.

        Dia mengaku, seperti di tahun-tahun sebelumnya terutama menjelang Lebaran, para perambah akan bekerja lebih giat karena menganggap petugas cuti libur.

        "Saya tegaskan, patroli tetap kita lakukan. Tak ada kata libur atau Satgas tidak bekerja terutama darat, dan udara," katanya.