AP II Bandara Pekanbaru Nyatakan Puncak Mudik Terjadi Hari Jumat

id ap ii, bandara pekanbaru, nyatakan puncak, mudik terjadi, hari jumat

AP II Bandara Pekanbaru Nyatakan Puncak Mudik Terjadi Hari Jumat

Pekanbaru (Antarariau.com) - PT Angkasa Pura II Cabang Sultan Syarif Kasim II Kota Pekanbaru menyatakan Jumat ini adalah puncak arus mudik lebaran moda transportasi udara dengan jumlah penumpang sekitar 14.350 orang per hari.

"Siang hari ini diperkirakan puncak mudik dan prediksi jumlah penumpang bisa mencapai 14.350 orang per hari," kata General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II, Jaya Tahoma Sirait kepada Antara, Jumat.

Ia menjelaskan kepadatan penumpang di SSK II mulai terlihat sejak Jumat pagi. Ia yakin ini akan berlanjut hingga malam saat penerbangan terakhir.

"Semua keberangkatan sejak Jumat pagi sangat padat dibandingkan hari-hari sebelumnya bahkan besok Sabtu sekalipun masih lebih banyak saat ini," katanya.

Ia menjelaskan jumlah tersebut untuk penerbangan domestik dengan tujuan seluruh kota di Indonesia.

Menurut dia mengapa Jumat adalah puncak mudik lebaran di bandara Pekanbaru,karena erat kaitannya dengan cuti bersama yang sudah diberlakukan pemerintah bagi semua pegawai negeri maupun swasta.

Selain itu juga lusa sudah lebaran, sehingga katanya masyarakat yang mudik mengupayakan tiba sehari sebelum Idul Fitri di wilayah tujuan.

Ditanya kendala sebut dia lagi sejauh ini tidak ada yang berarti, semua proses berjalan lancar.

"Kecuali tadi pagi ada Delay bagi penerbangan pesawat pertama akibat banjir yang melanda Kota Pekanbaru, menyebabkan pilot dan crew Garuda dan Lion terjebak dan telat ke bandara," katanya.

Ia menerangkan untuk melayani peningkatan penumpang mudik kali ini dari Pekanbaru ke kota lainnya ada beberapa maskapai yang mengajukan penambahan jadwal.

Hanya hingga H-2 ini baru maskapai Lion yang menerapkannya dengan dua tujuan kota setiap hari satu penerbangan.

"Dalam dua hari terakhir ini ada "extra flight" Lion jurusan Batam dan Kualanamu," ujarnya.

Sebenarnya kata dia peningkatan penumpang di SSK II Pekanbaru mulai terlihat sejak H-10 atau 15 Juni.

Jika ditotal kenaikannya hingga H-3 kemaren jumlah penumpang yang datang dan berangkat mencapai melalui SSK II Pekanbaru pada mudik kali ini ada 102.610 orang.

"Dibandingkan hari biasa ada penambahan penumpang sebanyak 13.911 orang atau naik 15.68 persen dibanding 2016," ulasnya.

Ia menambahkan untuk melayani keluhan penumpang yang mungkin dialami saat arus mudik pihaknya sudah membuka posko angkutan lebaran di lantai dasar keberangkatan.

Tim gabungan baik dishub, maskapai, kepolisian, kesehatan dan sebagainya siap membantu keluhan penumpang.

Selain itu pihaknya juga menyediakan ruangan khusus istirahat penumpang yang memiliki anak jikalau mengalami penundaan keberangkatan.

"Daripada kaum ibu tertidur di kursi dengan posisi anak dipangkuan itu rawan jatuh, kami sediakan ada ruangan istirahat ala kadarnya di lantai dasar keberangkatan," kata Jaya menambahkan.