Kadinkes Riau Pantau Sejumlah Pos Pengamanan Mudik

id kadinkes riau, pantau sejumlah, pos pengamanan mudik

Kadinkes Riau Pantau Sejumlah Pos Pengamanan Mudik

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kadiskes Provinsi Riau, Dra.Hj.Mimi Yuliani Nazir,Apt, MM melakukan peninjauan Pos Pengamanan Mudik atau yang saat ini dikenal dengan Pos OPS Ramadhan dan Hari Raya (Ramadniya) Siak - 2017.

Pos Pertama yang dikunjungi adalah Pos Panam yang terletak di sekitr Rimbo Panjang Kampar dan dilanjutkan ke Pos PAM Simpang Beringin Kab. Pelalawan.

Dalam kunjungan yang didampingi Sekretaris Dinkes Dr.Ruswaldi Munir,SPOK dan Kabid Pelayanan Kesehatan dr.Yohanes,MSi dan Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat ini, Mimi panggilan akrab Kadiskes ini memeriksa kelengkapan pengamanan kesehatan terkait petugas, jadwal piket, obat-obatan sampai ke pencatatan dan pelaporan.

Dalam kunjungan ini Mimi memebri masukan agar selain diberikan pelayanan kesehatan, juga dapat dilakukan penyuluhan kesehatan.

Dari data posko sejak Selasa, 20 Juni tercatat yang berobat 12 org, namun masih dalam bentuk gejala ringan antara lain mual-mual dan pusing yang diduga karena kelelahan.

Untuk ini penangan masih dalam bentuk pengobatan ringan berupa obat anti sakit kepada pemudik.

"Jangan lupa, selain diberi obat, dilakukan juga penyuluhan bagi pemudik" saran Mimi.

Dari catatan posko belum ada kecelakaan lalin.

" Kita berharap perjalanan pemudik baik-baik saja" ujar Ipda Rohman selaku Kepala Pos PAM Simpang Beringin.

Rohman menyampaikan 3 pesan kepada pemudik agar mengendarai kendaraan dengan hati-hati, patuhi rambu lalin , apabila ngantuk dan capek dipersilakan istirahat ditempat yg telah disediakan.

Disamping posko tampak sebuah Ambulance yang siap sedia jika dibutuhkan, dengan 3 orang tenaga kesehatan standby setiap hari yang dibagi dalam 2 shift yang merupakan tanggung jawab Puskesmas Bandar sekijang pimpinan dr. laila.

Yani seorang perawat beserta 2 rekannya menyampaikan, ikhlas ikut piket di posko yg masing-masing 5 hari meski tahun ini tidak pulang mudik ke medan.

Dalam kesempatan ini kadiskes juga menyerahkan leaflet dan brosur Tips Mudik Sehat kepada petugas posko untuk dibagikan kepada pemudik.

"Jangan lupa, tips ini dibagikan kepada penudik ya, ujar Mimi seraya pamitan karena harus melanjutkan perjalanan ke posko berikutnya. (RLS)