Pawai Takbir Idul Fitri Di Pekanbaru Dikiuti Ribuan Warga

id pawai takbir, idul fitri, di pekanbaru, dikiuti ribuan warga

Pawai Takbir Idul Fitri Di Pekanbaru Dikiuti Ribuan Warga

Pekanbaru (Antarariau.com) - Ribuan warga Kota Pekanbaru tumpah-ruah di Jalan Sudirman untuk mengikuti pawai takbir Idul Fitri 1438 Hijriah, yang dilepas keberangkatannya oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dari Jalan Gajah Mada, Sabtu malam.

"Tahun ini cuaca cerah jadi pawai takbirnya ramai diikuti warga," ujar Muslim (40) warga Rumbai di Pekanbaru, Sabtu.

Leli (35) juga mengaku kali ini umat Muslim memenuhi dua sisi jalan yang menjadi rute pawai takbir.

Ia dan suami serta anaknya yang masih balita sengaja datang dari Kulim ke Jalan Sudirman untuk menyaksikan iring-iringan mobil hias dengan aneka lampu.

"Teriakan dan gema takbir membuat bulu kuduk merinding, karena dilantunkan oleh peserta pawai bersahutan," bebernya.

Sementara itu Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman usai melepas peserta pawai dari Jalan Gajah Mada dengan bahagia menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada warga yang hadir.

"Selamat hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah bagi semua warga Provinsi Riau," kata Andi melalui awak media usai pelepasan Pawai Takbir, di Pekanbaru, Sabtu.

Andi juga tidak lupa mengucapkan selamat melakukan perjalanan bagi warga Riau yang mudik semoga sampai di kampung halaman tepat waktu tanpa kurang sesuatu apapun.

"Minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin," ucap Andi lagi.

Sementara itu Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyatakan dirinya memaknai malam takbiran ini ungkapan luapan kegembiraan masyarakat atas kemenangan setelah sebulan penuh mengalahkan hawa napsu.

"Ini waktu yang pas untuk menyambut perayaan 1 syawal, harapan kami apa yang telah didapat selama Ramadan menjadikan pola hidup lebih baik dibulan berikutnya," ujar Firdaus.

Ia juga tidak lupa mengucapkan selamat Idul Fitri bagi warga Pekanbaru. Mohon maaf lahir dan batin.

Pantauan antara dilapangan Jalan Sudirman yang menjadi rute lintasan pawai takbir warga Pekanbaru mulai dari Gajah Mada terus ke Purna MTQ memutar lalu naik ke arah pasar pusat dan memutar di depan Pasar Buah lalu naik ke Diponegoro dipenuhi oleh warga segala usia tua muda, anak-anak dengan barisan kendaraan roda dua masing-masing yang diparkir rapi di badan jalan termasuk roda empat

Tampak warga dari segala penjuru 12 kecamatan keluar membawa suami/istri serta anak-anak mereka untuk menyaksikan pawai.

Tidak dapat dihindari kemacetan puluhan kilo terjadi di sepanjang jalan utama Sudirman atas dan bawah hingga ke Jalan penghubung seperti A Yani, Jalan Riau, Nangka,Harapan Raya, Durian dan sebagainya.

Kemacetan ini selain akibat pawai dikarenakan warga memakai kedua sisi badan jalan sebagai lokasi memarkirkan kendaraannya sembari menonton.

Kondisi ini diperparah oleh pedagang kaki lima yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Warga tampak menikmati didukung cuaca cerah tidak satupun dari mereka yang melewatkan momen ini dengan berfoto swafoto