AP II Pekanbaru Prediksi Puncak Arus Mudik H+7 Idul Fitri

id ap ii, pekanbaru prediksi, puncak arus, mudik, h7 idul fitri

AP II Pekanbaru Prediksi Puncak Arus Mudik  H+7 Idul Fitri

Pekanbaru (Antarariau.com) - PT Angkasa Pura II Cabang Sultan Syarif Kasim II Kota Pekanbaru memperkirakan puncak arus balik melalui moda transportasi udara akan terjadi H+7 Idul Fitri 1438 Hijriyah atau Minggu (2/7).

"Sebenarnya puncak arus balik melalui Bandara Pekanbaru ada dua gelombang atau dua kali yakni Minggu (2/7) dan Sabtu (8/7) karena Senin libur bersama berakhir," kata General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II, Jaya Tahoma Sirait kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Jaya puncak arus balik bandara SSK II Pekanbaru pada lebaran kali ini akan terjadi sebanyak dua kali. Dikarenakan selain Idul Fitri ada momen penting yang akan diselenggarakan di Pekanbaru yakni Olimpiade Sain Nasional.

"Diperkirakan hari terakhir mudik lebaran bagi karyawan dan ASN itu Minggu (2/7). Sedangkan usainya masa cuti tahunan dan pelaksanaan Olimpiade Sain Nasional maka jumlah penumpang juga alami puncak Sabtu (8/7)," tuturnya.

Ia menjelaskan saat arus puncak balik diperkirakan ada 14.650 penumpang yang menggunakan bandara SSK II.

"Untuk arus balik 2/7 diperkirakan total penumpang bisa mencapai 14.650 orang," terangnya.

Dirinya menyatakan saat puncak mudik lebaran moda transportasi udara di Bandara Pekanbaru terjadi Jumat (23/6) pihaknya mampu melayani penumpang sekitar 14.732 orang per hari. Jumlah ini naik dari 10.806 orang di 2016.

"Puncak mudik terjadi siang hari jumlah penumpang mencapai sekitar14.732 orang per hari. Ada kenaikan penumpang sebesar 36,337 persen dibandingkan tahun lalu," bebernya.

Dengan jumlah pesawat yang digunakan mencapai 95 dan ketersediaan bangku 16.474.

"Saat puncak mudik itu tingkat okupansi pesawat rata-rata 89,43 persen," tambahnya.