Berbagai Budaya Unik Kuaning Siap Menyambut Para Pelancong

id berbagai, budaya unik, kuaning siap, menyambut para pelancong

Berbagai  Budaya Unik Kuaning Siap Menyambut Para Pelancong

Kuantan Singingi (Antarariaiu.com) - Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, memiliki puluhan budaya unik yang menjadi objek wisata bernilai tinggi sehingga layak menjadi destinasi wisata nasional, namun perlu dukungan pemerintah provinsi dan pusat agar pengelolaan lebih optimal.

"Saya juga meminta masyarakat mempertahankan tradisi budaya bernilai tinggi agar tidak punah," kata Bupati Kuantan Singingi Mursini di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan objek wisata itu, misalnya Festival Pacu Jalur, perahu bagandang, seni bela diri, mandi balimau, maupun panen ikan yang semua sudah dipertahankan oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

Wisatawan yang hadir ke Kuansing, ujarnya, bakal terkesima dan rindu untuk menyaksikan berbagai seni budaya lokal tersebut.

Buktinya, katanya, saat pergelaran ribuan masyarakat dari berbagai daerah datang ke "kota jalur". Bahkan, pejabat daerah, provinsi, maupun pusat hadir menyaksikan dan memeriahkan.

"Ini merupakan langkah maju untuk menjadikan Kuansing salah satu kota wisata," katanya.

Selain memiliki puluhan objek wisata alam, Kabupaten Kuantan Singingi juga mempunyai beragam budaya dan tradisi unik.

Ia menyebut tradisi yang cukup fenomenal dan telah mendunia, adalah Festival Pacu Jalur yang direncanakan pada Agustus 2017.

"Ini festival yang sangat ditunggu oleh masyarakat daerah maupun perantau," katanya.

Selain itu, tradisi "Perahu Baganduang" yang berasal dari masyarakat Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing juga fenomenal.

Tradisi itu digelar setiap Idul Fitri. Pada Lebaran 2017, festival yang digelar Rabu (28/6), dihadiri antara lain Wakil Gubernur Riau Wan Tamrin Hasyim.

Wakil Gubernur Riau Wan Tamrin dalam sambutannya mengatakan festival perahu baganduang salah satu ikon wisata Riau. Oleh karena itu, perlu dikembangkan dan dilestarikan secara baik.

"Mari semua ikut berperan aktif mempromosikan festival tersebut," katanya.

Ia mengatakan ika tradisi unik dapat dikenal luas hingga mancanegara maka ekonomi masyarakat juga akan meningkat.

Namun, ujarnya, semua pihak harus terbuka dan siap mendukung program festival tersebut.