84 Bus TMP Akan Beroperasi Di 2018

id 84 bus, tmp akan, beroperasi di 2018

84 Bus TMP Akan Beroperasi Di 2018

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru akan mengoperasikan sebanyak 84 unit sarana angkutan umum massal bus Trans Metro Pekanbaru di ibu kota Provinsi Riau tersebut pada 2018.

"Tahun depan seluruh unit sebanyak 84 bus akan kita operasikan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Angkutan Perkotaan (PAP) Dinas Perhubungan Pekanbaru, Wisnu Harryanto di Pekanbaru, Rabu.

Dengan dioperasikannya seluruh armada bus tersebut, ia berharap pelayanan angkutan kebanggaan masyarakat Kota Bertuah yang melayani Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar itu dapat berjalan maksimal.

Sejauh ini, pengelola Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) hanya mengoperasikan sebanyak 45 unit. Seluruh bus itu melayani sebanyak delapan koridor, yang beberapa diantaranya dinilai cukup padat pada jam-jam tertentu.

Sementara, apabila seluruh armada kembali diaktifkan, maka dua koridor lainnya yang sempat ditutup, yakni koridor 5 dan 7 akan kembali diaktifkan.

"Koridor 5 sungai Duku-Sudirman dan koridor 7 rute Jalan Kartama. Bus itu juga akan memaksimalkan koridor yang sekarang. Semua koridor akan aktif," urainya.

Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mengoperasikan bus bantuan Kementerian Perhubungan untuk memperkuat armada bus TMP untuk melayani 10 koridor sejak awal tahun ini.

Sebanyak 25 unit bus ukuran sedang dengan kapasitas 35 penumpang dari Kemenhub pada Desember 2016 silam. Dengan adanya penambahan tersebut, secara keseluruhan Pekanbaru memiliki 84 bus.

Namun hingga kini baru 45 bus yang dimanfaatkan, terdiri dari 15 bus ukuran sedang dan 30 bus ukuran besar yang dimanfaatkan. Keterbatasan anggaran menjadi masalah bagi operasional seluruh bus tersebut. Meski begitu, pemerintah menyatakan pengoperasian akan dilakukan secara bertahap.