Kampar Juara II Lomba Kreativitas Remaja Tingkat Provinsi

id kampar juara, ii lomba, kreativitas remaja, tingkat provinsi

Kampar Juara II Lomba Kreativitas Remaja Tingkat Provinsi

Kampar (Antarariau.com) - Kabupaten Kampar meraih juara II pada tiga bidang lomba dari enam perlombaan Ajang Kreativitas Remaja Tingkat Provinsi Riau tahun 2017 yang diselenggarakan di Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru selama empat hari mulai 5 sampai 8 Juli.

"Alhamdulillah Kabupaten Kampar menjuarai tiga dari enam bidang yang diperlombakan pada Ajang Kreativitas Remaja Tingkat Provinsi Riau tahun 2017 kali ini," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), Drs. Edi Afrizal, M.Si didampingi Kasi Ketahanan Keluarga, Erwina Rinding, Senin (10/7).

Kemenangan diraih Kampar sebagai juara II tiga dari enam bidang yang diperlombakan yakni lomba Rangking I, cerdas cermat dan duta GenRe Putra. Peserta mengikuti tahapan lomba secara tertulis, tes penyuluhan dan wawancara,

Enam perlombaan lomba rangking I, lomba cerdas cermat, duta GenRe, yel-yel, pentas seni, mars GenRe itu diikuti 150 orang dari delapan kabupaten/kota se-Provinsi Riau yang dibuka oleh Kepala Perwakilan BKKBN Yenrizal Makmur dan pada acara penutupan dihadiri oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Kepala BKKBN Provinsi Riau, H. Yenrizal Makmur, SP, MM menyampaikan, bahwa peserta dari Kota Pekanbaru 20 orang, Kota Dumai 10 orang, Kabupaten Pelalawan 17 orang, 17 orang, Siak 17 orang, Rokanhulu 17 orang, Bengkalis 10 orang dan Indragiri Hilir 25 Orang, namun sayangnya ada empat kabupaten yang tidak mengirimkan peserta yakni Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, dan Kepulauan Meranti.

Acara itu dihadiri Deputi KS-PK BKKBN, Ir. Ambar Rahayu, Gubernur Riau, Kepala Dinas terkait se-Provinsi Riau, dari Kampar, Kepala DPPKBP3A Kampar, Drs. Edi Afrizal, M.Si

Dia katakan, Duta GenRe merupakan perwakilan dari remaja usia 10 s/d 24 tahun, belum menikah dan masyarakat yang peduli terhadap kehidupan remaja.

"Jumlah remaja di Provinsi Riau 1,7 juta target orang 50% diantaranya sudah tersosialisasikan dengan pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja, terjaga dan terpelihara reproduksinya sehingga memasuki kehidupan keluarga nantinya dalam keadaan bersih dan suci," ujarnya.

Semakin tinggi jumlah penduduk lanjutnya, maka semakin tinggi pula angka kriminalitasnya, setiap hari masyarakat melihat, mendengar dan membaca baik diberita di TV, atau medsos tentang perampokan, pencurian, pemerkosaan, aborsi yang rata-rata pelakunya masih berusia muda/generasi muda.

"Salah satu yang menyebabkan hal tersebut terjadi kurang kepedulian keluarga dan lingkungan. Seseorang akan menjadi pribadi baik bila keluarganya baik," ungkapnya.

Yenrizal menyampaikan bahwa masa remaja sering disebut masa pancaroba pencarian identitas diri, peralihan dari fase anak-anak menuju dewasa, namun disisi lain masa remaja adalah masa emas, untuk remaja mengukir prestasi apabila dapat memanage dengan baik.

"Membina dan mempersiapkan remaja yang ada saat ini tidak hanya untuk masa depan saja, juga menjaga mereka agar terhindar dari Pernikahan Dini, seks sebelum menikah dan NAPZA serta pengaruh negative lainnya," katanya.

Untuk merespon permasalahan yang ada dikalangan remaja, BKKBN mengembangkan suatu Program yaitu Program GenRe (Generasi Berencana) tujuannya memfasilitasi remaja belajar memahami dan mempraktekkan hidup sehat, berakhlak serta menerapkan nilai-nilai Revolusi Mental sebagai dasar mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berkarakter.

"Kegiatan ini salah satu langkah yang dilaksanakan BKKBN untuk melakukan sosialisasi-sosialisasi pada tingkat propinsi nasional nantinya," jelasnya.

AKR sebutnya, juga mempromosikan Program Genre untuk meningkatnya pengetahuan, keterampilan pengelola PIK R tentang Program GenRe dalam mewujudkan generasi berencana yang bertanggungjawab, berbagi pengalaman dalam pengelolaan PIK R dan upaya mengembangkan PIK R di daerah masing-masing

Selain itu meningkatkan kualitas dalam pengelolaan dan pelayanan pusat informasi dan konseling, menggali potensi, kreatifitas dan kemampuan para remaja tentang mengembangkan Program GenRe dan memilih Duta GenRe Tingkat Propinsi Riau 2017.

Dia sampaikan bahwa pelaksana AKR dan Pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Riau ini yakni Perwakilan BKKBN bekerjasama dengan PKBI, KPA, Forum GenRe dan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Propinsi Riau.

Harapannya, meningkatnya jumlah dan kualitas PIK Remaja di Provinsi Riau, meningkatnya dukungan stake holder dan mitra kerja terhadap program GenRe dan terrpilihnya Duta GenRe putra dan putri jalur pendidikan dan jalur masyarakat akan mewakili Provinsi Riau dalam pemilihan Duta GenRe Tingkat Nasional.