Pemkab Siak Terima Penghargaan Dari Kapolri

id pemkab siak terima penghargaan dari kapolri

Pemkab Siak Terima Penghargaan Dari Kapolri

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak, Riau menerima penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-71 Bhayangkara di Jakarta, Senin.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kapolri kepada Bupati Siak Syamsuar ini karena pemerintah daerah telah membantu kelancaran tugas kepolisian dengan mendirikan rumah kantor Babinkamtibmas di seluruh desa.

"Penghargaan ini adalah buah kerja semua elemen masyarakat yang senantiasi menjaga keamanan. Sebab, sejuah ini tidak ada gejolak memecah belah persaudaraan di kabupaten Siak," katanya.

Kebersamaan dan tidak membedakan suku dan agama, ucap Syamsuar, adalah kunci terciptanya kenyaman, ketentraman, dan keamanan di Siak. Memastikan kamtibmas ini lanjut dia, tidak hanya jadi tugas polisi, namun tanggungjawab pemerintah daerah bersama elemen masyarakat, sebagaimana infrastruktur kesehatan dan pendidikan.

Selain Syamsuar, kepala daerah lainnya yang mendapat penghargaan yang sama dari Kapolri, ialah Walikota Makassar. Dikesempatan itu, Syamsuar pun mendapat ucapan selamat secara langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pemerintah Kabupaten Siak mulai membangun Rukan sejak tahun 2005 namun baru 25 unit. Kemudian kembali dilanjutkan pada 2014 sebanyak 86. Hingga total keseluruhan yang sudah ada saat berjumlah 119 unit dari total 122 desa secara keseluruhannya.

"Syukur Alhamdulillah, penghargaan ini menambah motivasi saya untuk bekerja lebih baik lagi demi kepentingan bangsa dan negara," ucap Syamsuar.

Katanya lebih lanjut, keberadaan Babinkamtibmas sangat dibutuhkan masyarakat khususnya di pedesaan dalam mewujudkan dan memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

Penghargaan yang sama juga sudah pernah diterima Bupati Siak Syamsuar pada tahun 2015 dari Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, disaat Rukan masih berjumlah 86 unit.