Lima Perempuan Bengkalis Ikut Bertarung Dalam Pemilihan Kades

id lima perempuan, bengkalis ikut, bertarung dalam, pemilihan kades

Lima Perempuan Bengkalis Ikut Bertarung Dalam Pemilihan Kades

Bengkalis (Antarariau.com) - Lima perempuan di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menjadi peserta pemilihan kepala desa yang akan digelar serentak pada gelombang pertama tahun ini.

"Perkembangan ini cukup baik karena ada partisipasi dari kaum perempuan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades)," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis Haji Ismail di Bengkalis.

Menurut dia, peranan perempuan sudah diperhitungkan di desa, dan semakin hari semakin berkembang.

"Kanggotaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga banyak diisi kaum perempuan. Artinya mereka kini mengikuti pemilihan secara terbuka, katanya.

Ismail mengaku majunya perempuan ke geanggang pilkades ini sangat menggembirakan bagi Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Kita berupaya mendorong supaya peran perempuan di desa ditingkatkan. Dinas PMD juga memberikan perhatian yang besar untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan di desa," ujarnya.

Kelima calon Kades perempuan tersebut adalah Sani di Desa Bantan Timur. Sani akan berkompitisi dengan Suroso, Sugiono, Bukhairi dan Tarmizi untuk merebut suara terbanyak dari 997 suara yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di desa tersebut.

Kedua Rini Suriningsih, dari Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu. juga akan merebut suara terbanyak dari 849 pemilih dalam DPT, Rini akan berkompetisi dengan 4 calon lainnya, yaitu Asjunaider, Izhar Sapawi, Heri Sandi dan Nazaruddin.

Ketiga juga dari kecamatan Bukit Batu. Yaitu Steffi Nandalusia S.Pd. Steffi akan bersaing dengan 4 calon lainnya pada Pilkades Pakning Asal. Keempat kompetitornya tersebut adalah Rahmad Iwandi SH, Suprayetno, Jaswir, dan Sulistiono S.Ag. Di Pakning Asal ada 2.332 pemilih.

Keempat, Rina Wahyuni. sama seperti Rini Suriningsih dan Steffi Nandalusia, Rina juga berasal dari Kecamatan Bukit Batu. Dia ikut Pilkades di Desa Batang Duku yang memiliki DPT 1.394 pemilih. Untuk terpilih, Rina bakal berkompetisi dengan 4 calon lainnya, yaitu Dedi Suandi, Sapri, Raja Auzar, dan Bambang Irawan.

Dan kelima, Sumiatun di Pilkades Putri Sembilan, Kecamatan Rupat Utara. Untuk terpilih menjadi Kades, Sumiatun akan bertarung untuk memperebut suara terbanyak dari 1.071 pemilih yang terdaftar dalam DPT dengan 4 calon lainnya. Yaitu Muhammad Ali, Zali, Mulyono dan Maryanto SH.