Pemkab Kuansing Upayakan Perbaikan Pengelolaan Objek Wisata

id pemkab kuansing, upayakan perbaikan, pengelolaan objek wisata

Pemkab Kuansing Upayakan Perbaikan Pengelolaan Objek Wisata

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, terus menggenjot pengelolaan dan peningkatan sejumlah objek wisata lokal untuk menarik wisatawan karena dapat menyejahterakan masyarakat.

"Selain dikelola dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) juga dengan mendorong ada perhatian pihak swasta," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kuantan Singingi (Kuansing) Azwan melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Mukhris,

Ia mengatakan, ini dilakukan dalam upaya menjadikan Kuansing wilayah objek wisata unggulan, banyak objek wisata menarik yang mulai berkembang di sejumlah kecamatan, baik wisata budaya, alam maupun tradisi unik semua diyakini dapat mendukung perekonomian warga setempat.

Dua Obyek Wisata Kuansing Dianggarkan Melalui Dana Swakelola, ini bertujuan agar yang dikenal sebagai kota jalur dapat menjadi salah satu tempat potensi wisata yang menarik dan dikunjungi oleh para wisatawan, baik Wisatawan Mancanegara (Wisman) maupun Wisatawan Lokal (Wislok).

" Sehingga nantinya dapat menjadi salah satu Destinasi Tujuan Wisata (DTW) di Kuansing maupun Riau," ujarnya.

Menurutnya, kedua Obyek Wisata Kuansing yang akan dilakukan perbaikan adalah Sumber Air Panas Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan, dan Air Terjun Pati Soni Desa Seberang Cengar Kecamatan Kuantan Mudik.

" Pekerjaan yang akan dilakukan adalah perbaikan terhadap akses jalan pada kedua obyek wisata tersebut, yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan," sebutnya.

Ia juga menyebutkan, karena sangat sulit dilalui baik bagi pejalan kaki maupun kenderaan bermotor sehingga objek wisata ini selalu dikritik oleh pengunjung agar mendapat perhatian.

Sedangkan besaran dana swakelola tahun 2017 adalah sebesar Rp6 Milyar, dana itu bukan hanya untuk kedua obyek wisata tersebut, akan tetapi juga untuk perbaikan seluruh jalan di Kuansing seperti Jalan Desa Sangau Kuantan Mudik menuju Pulau Aro Kuantan Tengah, Sikijang Kuantan Hilir jumlahnya mencapai 20 lebih.