Begini Upaya Pemkab Kuansing Dalam Memperkaya Data Pendirian Daerah

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, mengumpulkan sejumlah dokumen sejarah pendirian Kabupaten Kuansing dengan menyambangi sejumlah tokoh yang dinilai mengetahuinya.

"Ini untuk menambah arsip dan dokumen yang ada sehingga lebih lengkap," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kuantan Singingi Azhar Ali di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan dalam rangka mencari arsip sejarah berdirinya Kabupaten Kuansing, petugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menemui sejumlah tokoh, misalnya Prof Dr H Suwardi MS dan Mardianto Manan di Pekanbaru.

Instansi ini mengupayakan agar arsip sejarah bisa diselamatkan, sehingga dapat menjadi hal yang berguna di masa yang akan datang untuk berbagai kepentingan misalnya sumber referensi.

"Tugas melakukan kegiatan akuisisi atau penyelamatan terhadap arsip, termasuk arsip sejarah sangat penting," sebutnya.

Masyarakat Kuansing sangat mendukung dan bangga atas inisiatip instansi terkait untuk mengumpulkan bukti sejarah berdirinya kabupaten, karena sangat bermanfaat selain dapat menjadi referensi untuk penelitian mahasiswa juga berguna untuk bacaan siswa yang berkunjung ke perpustakaan.

"Ini penting, karena kedepan arsip itu bakal berguna, namun demikian juga hendaknya kisah hidup tokoh kuansing yang mendirikan jga diabadikan," pinta Nariman di Teluk Kuantan.

Selain itu, masih ada tokoh Kuansing yang berjasa mendirikan Provinsi Riau, Pemerintah Daerah Kuansing juga mesti mengumpulkan sejarah itu sebagai arsip daerah.

"Mestinya Pemkab Kuansing memberikan tanda jasa kepada pihak atau tokoh yang telah berjasa tersebut agar dapat dikenang oleh generasi berikutnya sebagai bukti sejarah," ujarnya.

Menurutnya, sebaiknya bukan saja diarsipkan tetapi dibuat dalam sebuah buku untuk disebar luaskan dan sebagai bacaan dan mata pelajaran atau muatan lokal siswa mulai tingkat SD - SLTA.