Pentagon: Pemimpin IS di Afghanistan Tewas

id pentagon pemimpin, is di, afghanistan tewas

Pentagon: Pemimpin IS di Afghanistan Tewas

Washington, (Antarariau.com) - Pemimpin IS di Afghanistan, Abu Sayed, tewas dalam serangan terhadap markas kelompok tersebut di propinsi Kunar pada awal pekan ini, kata Pentagon pada Jumat.

Juru bicara Pentagon Dana White mengatakan dalam pernyataan bahwa anggota lain IS juga tewas dalam serangan pada Selasa itu.

"Hal terpenting adalah Anda telah membunuh salah satu pemimpin kelompok tersebut dan itu membuat mereka terpukul. Itu jelas kemenangan di pihak kita, syarat untuk memukul mundur mereka. Itu adalah arah tepat," kata Menteri Pertahanan AS Jim Mattis kepada wartawan.

Sayed adalah pemimpin ketiga IS di Afghanistan, yang tewas sejak Juli 2016.

Sebelumnya, mantan pemimpin Abdul Hasib, tewas dalam operasi gabungan AS dan Afghanistan pada 27 April lalu di propinsi Nangarhar. Pendahulu Hasib, Hafiz Saeed Khan tewas dalam serangan pesawat nirawak AS pada 2016.

Pasukan Afghanistan, yang didukung oleh armada pesawat tempur serta pasukan khusus AS, telah memerangi para petempur terkait dengan kelompok IS di Afghanistan timur selama bertahun-tahun.

Kelompok petempur setempat yang terkait dengan kelompok IS, juga dikenal sebagai IS Khorasan (ISIS-K). Mereka telah aktif beroperasi sejak 2015 dalam memerangi pasukan Taliban dan Afghanistan serta AS.

Jenderal John Nicholson, komandan tertinggi AS di Afghanistan, berjanji mengalahkan IS di sana pada tahun ini.