Gubri: Kuansing Miliki Banyak Potensi Alam Untuk Dikembangkan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melirik potensi ekowisata Kabupaten Kuantan Singingi yang khas akan keindahan alam, untuk terus dikembangkan.
       
Selain Sungai Kuantan yang terkenal dengan tradisi paju jalur, ternyata di Kuansing juga terdapat beberapa destinasi wisata seperti Air Terjun Batang Ogan, Air Terjun Sungai Kandi, Air Terjun Tujuh Tingkat, Air Terjun Guruh-Gemurai, sumber air panas di seberang, Sungai Pinang dan lainnya.
       
"Bagi kita yang sudah biasa melihat, memang biasa-biasa saja. Tapi bagi masyarakat perkotaan, daerah seperti ini dicari-cari. Alam dengan sungainya yang masih alami sangat potensial jadi kawasan pariwisata," ujar Gubernur Riau saat melaksanakan kunjungan di Kuansing, Sabtu. 
      
Ia menyebut, Kuansing menjadi salah satu kabupaten di Riau yang sangat potensial menjadi daerah pariwisata. Selama ini, wisatawan mengenal Kuansing dari tradisi pacu jalur yang sudah mendunia dan berumur ratusan tahun, disisi lain keindahanan alam Kuansing juga perlu digaungkan. 
     
Ia menyarankan, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing menetapkan kawasan-kawasan tertentu yang masih alami untuk dijadikan sebagai kawasan pariwisata.      
      
"Ini penting agar mendapat dukungan dari pemerintah baik provinsi maupun pusat," katanya seraya menyarankan agar dibangun semacam home stay agar wisatawan datang dan betah menginap.
     
Gubernur juga mengakomodir , aspirasi yang disampaikan masyarakat Kecamatan Hulu Kuantan untuk pembangunan turab sepanjang 200 meter sepanjang arena pacu, pembangunan jembatan gantung dan pengaspalan sejumlah ruas jalan.     
        
"Silahkan diusulkan melalui APBD Provinsi Riau. Sebaiknya melalui anggota DPRD Provinsi Riau asal Kuansing. Selama anggarannya tersedia, saya dukung. Tidak ada masalah," tegas Gubernur.