Penempatan Guru Di Riau Belum Merata

id penempatan guru, di riau, belum merata

Pekanbaru, 30/4 (ANTARA)- Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Agustiarman, mengatakan penempatan guru di Riau belum merata, sehingga menyebabkan kesenjangan antara pendidikan yang berada di Kota dengan Kabupaten lainnya. "Sebenarnya guru sudah mencukupi dengan jumlah 95.011 orang dengan jumlah siswa sekitar 1.300.130 Tapi masih berpusat di kota," kata Agustiarman di Pekanbaru, Jumat .

Dia mengatakan dengan jumlah yang ada saat ini, maka guru dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan rincian rasio antara guru dan murid SD dan MI satu berbanding 18 siswa, SMP satu berbanding 9, SMA dengan rasio satu berbanding 15.

Ia menambahkan yang menjadi kendala enggannya guru mengajar di desa karena kurangnya infrastruktur, apalagi guru di Riau banyak yang berjenis kelamin perempuan dan memilih mengikuti suaminya.

Agar tidak terjadi penumpukan terus diharapkan kepada Dinas Pendidikan Kabupatena/Kota bisa menempatkan secara merata agar kualitas pendidikan didesa tidak jauh berbeda dengan pendidiakn yang belangsung di pusat kota.

"Solusinya, yakni dengan melakukan penarikan guru bantu, agar guru bantu dapat mengajar di sekolah yang terletak di desa," katanya.