Pangkas Pohon, PLN Pekanbaru Upayakan Pemeliharaan Kabel Listrik

id pangkas pohon, pln pekanbaru, upayakan pemeliharaan, kabel listrik

Pangkas Pohon, PLN Pekanbaru Upayakan Pemeliharaan Kabel Listrik

Pekanbaru (Antarariau.com) - PT Perusahaan Listrik Negara Kota Pekanbaru lakukan pemangkasan pohon di sekitar jalur hijau yang juga lintasan jaringan kabel listrik, guna menghindari insiden korsleting yang berakibat kebakaran.

"Ini tugas rutin pemeliharaan jaringan kabel," kata Simbolon salah satu dari empat petugas perampalan di Jalan Sumatera Pekanbaru, kepada antara, Rabu.

Menurut Simbolon perampalan ini dilakukan sesuai survey titik yang sudah dilakukan sebelumnya terhadap pepohonan diseputaran jaringan lintasan kabel listrik.

Selanjutnya jika didapati maka petugas yang sudah dibagi kepada tim sesuai areal kerja melakukan perampalan.

Dalam proses ini mereka dilengkapi egrek, tangga, parang dan mobil pik up sebagai pengangkut sampah setelah perampalan.

Menurutnya untuk kawasan Pekanbaru petugas perampalam dibagi kepada empat wilayah kerja. Timur masing-masing menurunkan empat tenaga dengan kawasan perampalan seputar Sudirman, Diponegoro, Sumatera dan sekitarnya.

Sementara tim Barat juga melakukan hal sama dengan kawasan pemantauan Pasar Kodim sekitarnya. Kemudian wilayah Selatan arah Rumbai sekitarnya dan bagian Utara membersihkan sekitar Kijang mati.

Menurut dia perampalan dilakukan bertingkat, mulai dari yang ringan hanya sekedar memangkas ranting yang mendekati jaringan. Hingga pemotongan dan penumbangan pohon yang sudah dianggap rawan dan membahayakan keselamatan pengendara dan jaringan listrik.

"Untuk penebangan pohon alias pemusnahan harus lapor dan mendapat izin dari Dinas Pertamanan," tegasnya.

Sementara untuk proses sendiri lanjutnya bisa mudah dan dilakukan cepat tampa gangguan listrik. Sementara untuk pemangkasan pohon yang sudah melebihi tiang akan dilakukan setelah terlebih dahulu ada pemadaman.

"Ada empat tim tiap hari turun sesuai pembagian. Kalau tak dipangkas saat ada angin, hujan kena kabel akan terbakar dan meledak," tegasnnya.