Tempat Lahir Hambat CPNS

id tempat lahir, hambat cpns

Rengat, 30/4 (ANTARA)- Tempat dan tanggal lahir dari 593 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos dalam seleksi tahun 2009 lalu di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, yang salah tulis menghambat keluarnya Surat Keputusan (SK) CPNS tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Indragiri Hulu, Syaiful di Rengat, Jumat, mengatakan penyerahan SK CPNS terhambat karena adanya salah tulis tanggal lahir dan lokasi tempat lahir yang membingungkan.

"Salah satu contoh adalah penulisan tanggal lahir. Dimana ada tanggal lahir CPNS itu 29 Februari, padahal setelah dicek pada tahun tersebut tidak ada tanggal 29 Februari," ujar dia.

Selain itu, kata Syaiful, juga terjadi kesalahan penulisan tempat lahir. Dimana dalam ijazah tempat lahir itu disebut desa, nama kabupaten tidak disebutkan. Padahal nama desa tersebut banyak yang sama di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, terkait dengan banyaknya kesalahan tempat lahir dan tanggal yang tidak cocok, DKD Inhu menyurati lagi CPNS yang bersangkutan dan itu memakan waktu.

"Kami sudah berusaha keras bagaimana SK ini bisa diserahkan secepatnya. Tapi kini masih dalam proses, dan akan diserahkan pada awal Mei mendatang," ungkap Syaiful.

Menurut dia, dalam beberapa waktu terakhir ini memang banyak yang sudah menanyakan ke BKD Inhu kapan SK CPNS diserahkan. Pihaknya sudah berupaya keras bagaimana penyerahan itu bisa dilakukan secepat mungkin. Tapi karena harus ada beberapa yang dilengkapi dan harus melalui proses baik di BKD Inhu maupun BKD Provinsi.

Lebih jauh, ia mengatakan dalam pengurusan SK CPNS itu membutuhkan waktu dan proses. Sehingga tidak terjadi kesalahan dikemudian hari. Jika terdapat kesalahan biodata setelah SK diberikan, tentu merugikan CPNS yang bersangkutan.