Capai 15.153 Sasaran, Inhil Juarai Pelaksanaan IVA Tes Se-Riau

id capai 15153, sasaran inhil, juarai pelaksanaan, iva tes se-riau

Capai 15.153 Sasaran, Inhil Juarai Pelaksanaan IVA Tes Se-Riau

Tembilahan (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau meraih juara pertama tingkat Provinsi Riau dalam menyelenggarakan Inspeksi Visual Asam (IVA) test dengan capaian pemeriksaan 15.153 sasaran.

Ketua TP PKK Inhil, Zulaikhah Wardan mengucapkan terimakasih atas dukungan dan perhatian yang besar sehingga PKK Inhil dapat melaksanakan program dengan baik dan lancar.

"Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan bekerjasama, khususnya dalam kegiatan IVA Tes ini, saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga Kepada Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Pukesmas se-Inhil beserta jajaran, Camat dan Ketua PKK se-Inhil atas kerja keras dan kesungguhannya dalam melaksanakan program IVA Tes sehingga kita berhsil mendapat juara I tingkat Provinsi Riau," ujar Zulaikha Wardan, Rabu.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim kepada Wakil Ketua IV TP PKK Inhil, Raihana Razak.

Seperti diketahui, IVA test sangat bermanfaat untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim yang dikenal mematikan.

Dengan tingginya angka pemeriksa, Zulaikha menilai kesadaran perempuan di Inhil tentang pentingnya melakukan pemeriksaan dan penanganan secara dini inveksi kanker memang sangat tinggi.

Kesempatan ini pula, lanjutnya, memang seharusnya dimanfaatkan dengan baik, karena dengan periksa, kita menjadi tau dan dapat segera mengambil keputusan untuk melakukan pengobatan jika positif.

Terakhir, dalam waktu dekat, dikatakan Zilaikha tim Nasional akan turun ke Inhil untuk melaksanakan penilaian tingkat Nasional mewakili Riau.

"Mohon dukungan dan kerjasama kita semua terutama OPD terkait, semoga kita berhasil sukses untuk tingkat Nasional mewakili Riau," tambahnya. (ADV)

Oleh: Adriah Akil