Legislator Pekanbaru Kritisi Perhatian Pemerintah Terhadap Dua RTH

id legislator pekanbaru, kritisi perhatian, pemerintah terhadap, dua rth

Legislator Pekanbaru Kritisi Perhatian Pemerintah Terhadap Dua RTH

Pekanbaru (Antarariau.com) - Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Amriel meminta pemerintah setempat agar memelihara dua Ruang Terbuka Hijau hibah Pemprov Riau, agar berfungsi sesuai peruntukannya.

"Kita apresiasi pembangunan dua RTH itu, ini tugas berat Pemko bagaimana perawatan dan pengelolaannya," kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel di Pekanbaru, Rabu.

Romi mengatakan dua RTH yang sudah dibangun Provinsi Riau memakan biaya besar, sehingga untuk perawatan juga diperlukan anggaran. Dua RTH itu antara lain Putri Kaca Mayang di Jalan Sudirman dan Tunjuk Ajar integritas di Jalan Ahmad Yani.

"Mustahil mau lakukan perawatan RTH tidak ada kebijakan anggaran karena taman kalau tidak dirawat akan hancur," katanya.

Sebab di dalam RTH banyak komponen yang membutuhkan biaya seperti fasilitas, tanaman, rumput, bahkan pedagang yang kalau tidak diatur akan membuat sembrawut.

Karenanya ia meminta Pemko melakukan pengaturan kepada pedagang agar berjualan pada tempat yang tidak menggangu estetika.

"PKL bisa ditata diluar RTH agar tidak merusak rumut dan taman," katanya menyarankan.

Selain itu sebut dia demi kebersihan dari sampah taman juga harus dilaukan penyapuan berkala oleh petugas. Selain itu Pemko bisa memajang himbauan-himbau di tiap pojok taman dengan kata-kata mutiara sehingga saat pengunjung membacanya akan tersadarkan.

"Misalkan tulisan buanglah sampah pada tempatnya, jagalah kebersihan dan sebagainya," ucap dia menyarankan.

Sebelumnya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman telah menyerahkan dua taman ruang terbuka hijau sebagai kado ulang tahun Kota Pekanbaru ke-233.

Andi berharap Pekanbaru akan merawat dan mengelola dua RTH yang letaknya di pusat perkotaan tersebut sehingga mampu bermanfaat bagi masyarakat dan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemko.

Dua RTH tersebut sudah dilengkapi aneka fasilitas layaknya sebuah taman, termasuk wifi gratis yang disediakan oleh Telkomsel sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat.

Dua RTH yang dibangun Pemerintah Provinsi Riau menghabiskan dana sebesar Rp18 miliar dengan rincian untuk Taman Kaca Mayang Rp9 miliar dan Tugu Tunjuk Ajar Integritas Rp9 miliar.