Upayakan Peningkatan Gizi Masyarakat, Forikan Siak Menyosialisasikan Gemar Makan Ikan

id upayakan peningkatan, gizi masyarakat, forikan siak, menyosialisasikan gemar, makan ikan

Upayakan Peningkatan Gizi Masyarakat, Forikan Siak Menyosialisasikan Gemar Makan Ikan

Siak (Antarariau.com) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Siak, Riau, menggencarkan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan pada warga setempat untuk meningkatkan gizi serta minat mengonsumsi ikan.

Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri di Siak, Jumat, menyebutkan, sosialisasi kali ini mengangkat tema "cara mengolah dan menyimpan ikan segar yang baik dan benar".

"Dengan tujuan untuk menambah wawasan dan mendorong peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat, sehingga berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumber daya manusia," kata Rasidah.

Rasidah berpesan kepada peserta yang hadir untuk tidak bosan-bosannya mengajak masyarakat untuk mengonsumi ikan, agar memiliki generasi yang sehat, cerdas dan kuat.

"Beberapa waktu yang lalu kami telah melakukan kegiatan pengolahan makanan berbahan dasar ikan di Kecamatan Bungaraya, yang diolah menjadi bakso dan amplang," ungkapnya.

Menariknya cerita Rasidah, ibu-ibu di Kecamatan Bungaraya tersebut telah berani memasarkan amplang buatannya ke super market dan warung-warung. Ini tentunya bisa menambah penghasilan, dan pemasukan dalam keluarga.

Sementara itu Ketua Harian Forikan Rahimawati Hamzah mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih keterampilan dan meningkatkan pengetahuan pengurus Forikan kecamatan akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang berbahan dasar ikan.

"Dari sini mereka juga bisa mengajarkannya lagi pada masyarakat, dengan maksud agar ibu-ibu bisa memberi penghasilan tambahan dalam keluarganya," tuturnya.

Kemudian dia lanjutkan, untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yakni dengan memasyarakatkan dan membiasakan keluarga untuk mengkonsumi aneka makanan dan minuman yang beragam dan bergizi berbahan dasar ikan.

"Salah satunya dengan memanfaatkan sumber daya potensi yang ada di sekitar," imbuhnya.