Bupati Siak: Keluarga Menentukan Tingkat Kematangan Seseorang

id bupati siak, keluarga menentukan, tingkat kematangan seseorang

Bupati Siak: Keluarga Menentukan Tingkat Kematangan Seseorang

Siak (Antarariau.com) - Menurut Bupati Siak Syamsuar, keluarga merupakan tempat awal mulanya pembentukan kematangan individu dan struktur kepribadian seorang anak, sebab mereka akan mengikuti serta mencontoh orang tua dengan berbagai kebiasaan dan perilaku.

Baik buruknya keluarga akan menjadi cerminan bagi masa depan anak. Perilaku anak dimasa mendatang sangat ditentukan oleh pola asuh yang diberikan keluarganya dan lingkungan terdekatnya, kata Syamsuar usai menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional di Pekanbaru, Minggu.

Pada kesempatan yang sama Syamsuar juga berpesan agar keluarga dan masyarakat dapat memberikan perlindungan dan kenyamanan kepada anak.

Selain itu menurutnya pemerintah juga harus memberikan ruang dan hak terhadap anak, misalnya dengan melibatkannya pada musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). Dimana anak akan mendapatkan kesempatan untuk mengusulkan pendapatnya.

"Sejak beberapa tahun ini, Pemkab Siak selalu mengundang Forum Anak Siak pada Musrenbang Kabupaten Siak. Anak diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pandangan dan pendapat mereka, dengan harapan rencana pembangunan di daerah berpihak kepada anak," ujarnya.

Dia berharap anak-anak Indonesia dan Kabupaten Siak khususnya bisa semakin berprestas, baik dalam dunia pendidikan maupun pembangunan dimasa yang akan datang.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2017 ini bertemakan Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga dengan pesan khusus "Saya Anak Indonesia, Saya Gembira".

"Peringatan ini menjadi sangat penting untuk membangkitkan kepedulian dan partisipasi seluruh masyarakat, untuk tetap melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya dalam menghargai dan menjamin terpenuhinya hak-hak anak," tutupnya.

Puncak peringatan Hari Anak Nasional 2017 itu juga turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Riau serta Bupati/Walikota se-Indonesia.

Sebelumnya, pada Sabtu malam (22/7) Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise memberikan penghargaan kepada 126 Kabupaten/Kota se-Indonesia, sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama, Madya dan Nindya pada perayaan Hari Anak Nasional Tahun 2017 di Pekanbaru, Riau.