RTRW Riau Di Targetkan Tuntas Dalam Pekan Ini

id rtrw riau, di targetkan, tuntas dalam, pekan ini

RTRW Riau Di Targetkan Tuntas Dalam Pekan Ini

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pansus DPRD menyatakan proses pendataan dalam revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi Riau akan selesai pada pekan ini.

Ketua Pansus RTRW Provinsi Riau, Asri Auzar di Pekanbaru, Senin, mengatakan, pihaknya hingga tadi malam pihaknya tinggal mencocokkan data untuk Kabupaten Siak.

Kami hanya tinggal menvalidkan data saja, ujarnya.

Saat data tersebut sudah tuntas seluruhnya, selanjutnya menurut Asri pihaknya akan menandatangani berkas draf RTRW tersebut. Selanjutnya menjadwalkannya dalam paripurna. Karena untuk RTRW ini menurutnya sama halnya dengan APBD atau pun RPJMD, perlu disahkan terlebih dulu. Kemudian baru dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi.

Hari ini akan kami tanda tangani berkasnya. Kemudian menjadwalkan paripurnanya, baru setelah itu dikirimkan ke pusat untuk dievaluasi. Mana-mana menurut pusat nanti diperbaiki, maka akan diperbaiki, ungkapnya.

Pihak lansus tambah Asri juga menjadwalkan rapat dengan beberapa pihak kementerian. Di antarnya, Kementerian Perekonomian, Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Serta dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), yang dijadwalkan pada Selasa (25/7/2017).

Pihaknya berkeyakinan RTRW ini bisa tuntas dalam bulan Juli 2017 ini juga.

Alhamdulillah, kita yakin selesai bulan ini, ungkapnya.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo pada kunjungan kerjanya ke Riau Minggu (23/7) enggan menanggapi soal perkembangan penyelesaian RTRW Provinsi Riau.

Tanya pak Gubernur saja, tanya Gubernur saja," ujarnya tidak mau menanggapi saat peninjauan Tol Pekanbaru-Dumai dalam kunjungan kerjanya pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN).

Begitu juga saat ditanya janji Menteri LHK yang akan menuntaskan segera, Jokowi juga menjawab tanyakan ke gubernur saja. Tanya Pak Gubernur, ulangnya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, pihaknya masih menunggu progres dari Pemerintah RTRR DPRD Roau yang sedang mengumpulkan data dan menyamakan persepsi dengan kabupaten kota sebelum dibahas lagi di Kementerian LHK untuk diterbitkan SK Penetapan Kawasan.

Kami pemerintah sifatnya menunggu dan siap untuk pembahasan lanjutan di Kementerian LHK, ujar Hijazi.

Ia mengakui, Presiden memberikan waktu sebulan untuk penuntasan masalah RTRW Riau kepada Kementerian LHK. Namun menurut Sekda semuanya memiliki komitmen dalam percepatan RTRW Riau tersebut.

Kita menginginkan secepatnya dan semuanya juga demikian. Termasuk teman-teman di dewan juga sudah berkomitmen mempercepat proses penetapan kawasan dan bahkan menjadi Perda RTRW nya, jelasnya.

Sekda menambahkan apapun hasil dari pansus nantinya merupakan hasil yang berpihak kepada kepentingan masyarakat. Terutama yang sebelumnya pemukiman berada di kawasan yang ditetapkan di kawasan hutan tersebut. Hasilnya bagaimana agar berpihak kepada rakyat di Riau dan pembangunan, agar pembangunan tidak terhambat, tutupnya.