115 Balon Penghulu Siak Ikut Seleksi Oktober Mendatang

id 115 balon, penghulu siak, ikut seleksi, oktober mendatang

115 Balon Penghulu Siak Ikut Seleksi Oktober Mendatang

Siak (Antarariau.com) - Sebanyak 115 bakal calon penghulu dari sejumlah kampung di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, mengikuti seleksi untuk menghadapi pemilihan kepala kampung serentak yang dilangsungkan pada 18 Oktober 2017.

"Desa yang mengikuti pemilihan kepala kampung ada 33 kampung yang tersebar di 13 kecamatan, dengan total bakal calon penghulu sebanyak 115 orang. Kecamatan Minas tidak ikut karena belum habis masa jabatan penghulunya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Siak, Hasmizal usai pembukaan di Siak, Senin.

Menurut dia, dari 33 kampung/desa yang akan menggelar pilkades serentak itu, dua desa diantaranya memiliki bakal calon lebih dari lima orang. Yakni kampung Benayah dan Bandar Sungai, masing-masingnya delapan dan enam calon.

"Desa lainnya hanya berkisar dua hingga empat orang kandidat saja," katanya.

Dia menyebutkan, tahapan seleksi meliputi tes tertulis dan lisan yang diselenggarakan selama lima hari pada 24-28 Juli mendatang di Ruangan Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati setempat.

Untuk materi tes tertulisnya terkait Pancasila dan UUD 1945, bidang pemerintahan kampung, pemberdayaan masyarakat, pemerintahan umum dan pembangunan. Kemudian ditambahkan pengetahuan adat istiadat kampung dan pengetahuan agama.

Sedangkan tes secara lisan meliputi wawancara, penyampaian visi dan misi serta kemampuan berpidato.

Sebanyak 33 kampung yang akan ikut pesta demokrasi serentak pada tahun 2017 ini, di antaranya, Kampung Langkai, Kecamatan Siak. Di Sungai Apit ada tiga Kampung, yakni Kampung Tanjung Kuras, Kampung Kayu Ara Permai dan Kampung Rawa Mekar Jaya.

Lalu di Kecamatan Kandis di antaranya di Kampung Sungai Godang, Kampung Pecing Bekulo, Kampung adat Bekalar serta Kampung Teluk Lancang, Sungai Selodang, Tasik Bisa di Kecamatan Sungai Mandau.

Kemudian Kecamatan Koto Gasib di Kuala Gasib, Buantan 1, Empang Pandan, Sri Gemilang, Tasik Seminai. Pinang Sebatang di Tualang Timur. Dayang Suri, Suak merambai di Bunga Raya.

Kecamatan Dayun di Kampung Teluk Merbau, Kerinci Kiri dan Simpang Perak Jaya yang terletak di Kecamatan Kerinci Kanan. Kampung Sialang Palas, Bandar Pedada, Bandar Sungai, Selat Guntung, Sabak Permai di kecamatan Sabak Auh.

Kecamatan Mempura, yakni Kampung Tengah dan Teluk Merempan. Kecamatan Pusako meliputi Sungai Berbari, Sungai Limau, Pebadaran, Benayah dan Perincit.