Gelar Kerjasama Dengan Pemko Pekanbaru, BNI Luncurkan "Kartu Pintar Kombo"

id gelar kerjasama, dengan pemko, pekanbaru bni, luncurkan kartu, pintar kombo

Gelar Kerjasama Dengan Pemko Pekanbaru, BNI Luncurkan "Kartu Pintar Kombo"

Pekanbaru (Antarariau.com) - PT BNI (persero) Tbk Cabang Pekanbaru akan meluncurkan kartu pintar kombo (smart card) untuk pelayanan jasa keuangan dan pelayanan umum di kalangan masyarakat dan pemerintah setempat.

"Ini inisiasi pertama BNI di Sumatera yakni dengan Pemko Pekanbaru," kata Pemimpin Cabang Utama PT BNI Pekanbaru Juma Indra di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Juma, BNI sudah sepakat dengan Pemko Pekanbaru untuk ikut memfasilitasi pelayanan dengan memanfaatkan satu kartu bagi semua pelayanan, demi mendukung tujuan menuju Pekanbaru "smart city madani".

Juma menjelaskan kartu kombo ini di dalamnya akan berisikan beberapa pelayanan terintegrasi.

"Chip di dalam kartu kombo akan dibagi dua ada sektor finansial dan pelayanan Pekanbaru," urainya.

Kartu kombo nanti memiliki walet atau ruang pemisah berisikan data keuangan dan data base pelayanan Pemko Pekanbaru yang terhubung ke peladen (server) pemerintah.

Tujuannya untuk membantu aneka pelayanan masyarakat dengan satu kartu serta Memudahkan dan mewujudkan masyarakat pintar.

Artinya, lambat laun fungsi kartu kombo ini ke depan akan disatukan sebagai pelayanan dan pengganti kartu anjungan tunai mandiri (ATM).

Secara bertahap semua pemilik ATM BNI akan hijrah ke kartu kombo.

Ia merinci tahap awal kerjasama ini BNI akan memanfaatkan empat layanan masyarakat dan pemerintah dalam kartu kombo.

Pertama bisa digunakan untuk pelayanan pendidikan, misalkan absensi siswa, bayar SPP dan jajan di kantin sekolah.

Lalu pelayanan kesehatan, berobat dan semacamnya, kemudian transportasi bisa digunakan membayar bus trans metro Pekanbaru dan terakhir pelayanan aneka pajak.

"Kami akan luncurkan kartu kombo perdana ini pada tanggal 17 Agustus 2017 di Pekanbaru," ujarnya.

Ia menyatakan pihaknya kini sedang mempersiapkan beberapa keperluan untuk peluncuran produk tersebut termasuk peralatan mesin pembaca kartu kombo.

Menurut dia, pelayanan ini butuh ivestasi yang tidak sedikit, namun katanya BNI akan bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru secara bertahap melengkapi peralatan yang dibutuhkan.

Ia menambahkan BNI akan menyosialisasikan kartu kombo ini kepada masyarakat. Namun tahap awal akan dilakukan pada nasabah mereka sendiri. Lalu dengan para pegawai ASN Pemko Pekanbaru selanjutnya ke masyarakat.

"Sistemnya nasabah BNI dulu kami rangkul, baru secara bertahap masyarakat umum," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Pekanbaru Firdaus mendukung kerjasama BNI ini untuk menerbitkan kartu kombo. Karena ini semakin mempercepat upaya Pemko untuk menuju tujuan kota yang diidamnya yakni "smart city madani".

Ia akan mengundang semua bank yang ada ikut ambil bagian dengan memberikan pelayanan satu kartu pintar bagi berbagai pelayanan di masyarakat.

"Disini BNI sudah menjalin kerjasama dengan kita, segera akan kita wujudkan," ujarnya.