Danrem dan Kapolda Riau Turun Padamkan Karlahut 15 Hektare Bengkalis

id danrem dan, kapolda riau, turun padamkan, karlahut 15, hektare bengkalis

Danrem dan Kapolda Riau Turun Padamkan Karlahut 15 Hektare Bengkalis

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Satuan Tugas Kebakaran Lahan dan Hutan Provinsi Riau terus melakukan pemadaman di Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan, Bengkakis yang sudah mencapai 15 hektare.

"Sampai dengan pukul 11:00 WIB kondisi titik api belum padam dan lahan yang terbakar sudah mencapai 15 hektar. Masih dilaksanakan upaya pemadaman," kata Kepala Bidang Hubhngan Masyarakat Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Kamis.

Upaya pemadaman langsung dilakukan oleh komandan satgas yang juga Komandan Resor Militer 031/Wirabima Brigjen TNI Abdul Karim. Bersamanya juga ikut petingga satgas lainnya Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Pol Zulkarnain.

Satgas melakukan pemadaman pada lahan milik Nainggolan di lokasi sejak Rabu (27/7) lalu. Upaya juga telah dilakukan melalui helikopter bom sebanyak tiga unit.

Sedangkan di darat dilakukan oleh

10 orang dari Koramil 04/Mandau, 25 personel Kepolisian Resor Bengkalis dan Kepolisian Sektor Mandau. Ditambah 12 orang petugas pemadam kebakaran Mandau, enam orang dari Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam serta tiga masyarakat peduli api.

Peralatan menggunakan masing-masing satu unit mesin air Portable dan Apung dan dua unit mesin Robin."Kendala yang dihadapi adalah titik api yang cepat menyebar karena cuaca panas dan angin kencang," ungkap Guntur.

Luas lahan yang terbakar sepanjang Januari hingga Juli 2017 sudah mencapai 548,72 hektare. total luas lahan yang terbakar itu menyebar di sejumlah titik di Provinsi Riau.

Diantara wilayah yang mengalami kebakaran cukup masif sejak awal tahun ini adalah Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Meranti, Rokan Hulu, Pelalawan, Siak, Indragiri Hilir. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir titik-titik api dengan kebakaran berkisar dua hingga puluhan hektare terjadi di wilayah pesisir Riau, seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis dan Meranti.

"Hingga kini kami terus mengantisipasi kebakaran meluas menyusul masuknya musim kemarau," kata Kepala Badan Penanggukangan Bencana Daerah Riau Edwar Sanger.